Sekolah Hari Pertama Usai Lebaran, Menko PMK: Tidak Perlu Tatap Muka

MUS • Wednesday, 4 May 2022 - 22:01 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kegiatan belajar mengajar di hari-hari pertama usai Lebaran 2022 tidak perlu tatap muka atau bisa online. Hal itu untuk mengantisipasi siswa yang kelelahan akibat kena macet saat arus balik Lebaran.

Muhadjir mengatakan dia telah mendapatkan informasi itu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

BACA JUGA: Terjebak Macet, Pemudik Meninggal Dalam Mobil di Garut

“Untuk kegiatan belajar, saya sudah dapat informasi supaya masing-masing daerah mengambil kebijakan pada hari-hari pertama pembelajaran tidak perlu tatap muka. Tetapi cukup dengan online atau daring ya,” ucap Muhadjir, Rabu (4/5/2022) malam.

Hal ini, kata Muhadjir memberikan kesempatan kepada anak-anak sekolah yang mudik ke kampung halaman dan belum sempat kembali atau pun terkendala kemacetan di jalan saat arus balik. 

Dengan begitu, para siswa tetap bisa belajar meski masih di kampung halaman karena mudik Lebaran.

“Untuk memberikan kesempatan pada anak-anak sekolah yang belum sempat balik, belum sempat kembali ke sekolah,” kata Muhadjir.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada 6-8 Mei 2022. Diperkirakan ada hampir dua juta kendaraan yang masuk Jabodetabek saat arus balik.