ASN Terima Ubarampe Gunungan Syawal, Wujud Keistimewaan Jogja dan Kemakmuran Keraton

MUS • Tuesday, 3 May 2022 - 15:40 WIB

Yogyakarta - Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menerima sekaligus membagikan ubarampe Gunungan Syawal Keraton Yogyakarta kepada ASN Pemda DIY dalam peringatan Idulfitri 1443/2022 di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (03/05) pagi. Ubarampe gunungan diserahkan Utusan Dalem Keraton yakni KRT Widyacandra Ismayaningrat dan KRT Wiraguna. 

Tak seperti peringatan Idulfitri pada umumnya, gunungan Keraton Yogyakarta tidak dibagikan dengan dirayah/direbut. Hal ini terkait dengan Keraton Yogyakarta yang meniadakan prosesi Garebeg Syawal dengan arak-arakan prajurit dan gunungan seperti biasanya.

Prosesi diganti dengan pembagian pareden gunungan yang berupa rengginang kepada Abdi Dalem Keraton Yogyakarta, Puro Pakualaman, dan Kepatihan sebanyak 2.700 buah. 

Pada sambutannya, Baskara Aji mengatakan rasa terima kasihnya kepada Keraton Yogyakarta dan Ngarsa Dalem atas berkah yang telah diberikan.

“Menira ngunjuk matur marang Sri Sultan Hamengku Buwono ingkang Jumeneng Kaping Sedasa ugi tansah memuji, para saderek dalem, Sentana Dalem, ugi Praja Dalem lan Kawula Dalem, tansah sinongsong panjenengan Dalem Allah, mugia manggih kasarasan, tinebihna saking sambekala,” ujar Aji.

Ia berharap bahwa pareden tersebut dapat membawa berkah bagi keluarga besar Pemda DIY dan juga Kepatihan. Tak lupa dihaturkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga pembagian pareden gunungan dapat terlaksana dengan baik. “Pudya pudyastuti marang Gusti ingkang Maha Kuwaos awit paring Dalem,” ucapnya.

Aji menambahkan, penerimaan pareden dapat menjadi satu pertanda yang menggambarkan tentang kebersatuan antara Keraton Yogyakarta dengan Pemerintah Daerah (DIY) dan masyarakat.

“Kita sama-sama membangun DIY dalam rangka memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat DIY, sehingga masyarakat dan pemerintah Kabupaten/Kota dapat melengkapi satu sama lain,” terangnya. Seusai diterima, pareden tersebut lantas dibagikan Sekda DIY kepada seluruh Kepala OPD, para Kepala Biro, dan beberapa tamu undangan.