Khatib Istiqlal: Idul Fitri jadi Momentum Islah Antar Anak Bangsa

MUS • Monday, 2 May 2022 - 10:28 WIB

Jakarta - Khatib ibadah salat Id di Masjid Istiqlal, Noor Achmad, menyebut bangsa Indonesia terbukti bisa melewati segala musibah dengan kebersamaan dan gotong royong. Oleh karena itu, Noor Achmad meminta umat terus meningkatkan semangat gotong royongnya.

"Bangsa Indonesia terbukti dapat mengatasi segala musibah dengan semangat gotong royong. Hal ini terbukti, dana sosial yang dikumpulkan Baznas rata-rata meningkat 30 persen di seluruh Indonesia," kata Noor Achmad di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/4/2022).

BACA JUGA: Sri Sultan Sambut Silaturahmi Presiden Jokowi di Keraton Yogyakarta

Noor Achmad mencontohkan kebersamaan saat menghadapi pandemi Covid-19. Kemudian juga saat menghadapi musibah lain seperti erupsi Gunung Semeru.

"Semangat gotong royong sangat terlihat saat menghadapi pandemi Covid-19, mulai dari penerapan prokes, memberikan bansos hingga bantuan kesehatan. Gotong royong juga terlihat saat musibah guguran lava (Gunung) Semeru. Oleh karena itu, momentum Idul Fitri harus dijadikan sebagai sarana mawas diri kepada Allah Swt," ucapnya.

Dia juga menyampaikan Idul Fitri harus juga menjadi momentum islah antara kelompok, golongan agama, dan suku bangsa satu dengan yang lainnya.

"Idul Fitri harus menjadi momentum bersama melahirkan kesadaran bahwa sesungguhnya kita berasal dari penciptaan yang sama, fitrah kejadian yang sama, umat yang satu umat ciptaan Allah Swt," kata Noor Achmad.

Noor Achmad menjadi khatib salat Id yang dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istrinya Wury Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi. Kemudian juga ada para duta besar negara sahabat serta pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.