PMI Yogyakarta Siapkan 20 Pos Pelayanan Selama Libur Lebaran

MUS • Thursday, 28 Apr 2022 - 12:19 WIB

Yogyakarta - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY. Selain itu, sejumlah 573 personel dan 22 ambulans juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan lebaran tahun 2022.

“Kami menyiagakan personel PMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan lebaran di DIY. Mereka akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-6 dan H+7 lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI,” tutur GBPH. H. Prakubusumo, Ketua PMI DIY.

Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti sholat Idulfitri.

Selain itu, masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi Pos pelayanan PMI Kabupaten Kulon Progo yang bekerja sama dengan UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru  atau Pos Pelayanan PMI Kabupaten Gunungkidul Pos Gading yang juga merupakan rest area.

Tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, juga check kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah. Masyarakat juga bisa mengakses informasi kejadian bencana, kondisi lalu lintas melalui radio komunikasi.

“PMI pun untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bekerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY, Polres, Polsek, Kwarda DIY, Rapi, Orari, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, rumah sakit, serta puskesmas selama libur lebaran ini,” kata Gusti Prabu.