Jakarta Terpilih sebagai Tuan Rumah The 19th Intelligent Transport System Asia Pacific Forum 2024

MUS • Wednesday, 27 Apr 2022 - 15:33 WIB

Jakarta - Jakarta resmi terpilih sebagai tuan rumah the 19th ITS Asia Pacific Forum 2024. Pemilihan ini dilakukan melalui proses bidding dan voting yang diselenggarakan secara online melibatkan 11 negara yang tergabung dalam organisasi Intelligent Transport System Asia-Pacific.

ITS Asia Pacific Forum merupakan perhelatan regional di bidang sistem transportasi cerdas yang diadakan setiap dua tahun sekali. Presiden ITS Indonesia, William P. Sabandar mendapatkan mandat untuk menjabat posisi sebagai Ketua Dewan Direksi dari ITS Asia Pacific, untuk masa bakti 2022-2024.

Presiden ITS Indonesia, William P. Sabandar mengapresiasi berbagai pihak yang telah memberikan dukungannya dalam proses bidding ITS Indonesia untuk menjadi penyelenggara The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024. 

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung ITS Indonesia dalam proses bidding The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024, khususnya kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan,” kata William.

William mengatakan, terpilihnya ITS Indonesia merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar terutama dalam hal memimpin ITS Asia Pacific selama 2 tahun kedepan. 

Melalui kesempatan ini, ITS Indonesia harus dapat menunjukkan kepemimpinan yang terbaik di kawasan Asia-Pasifik di bidang transportasi cerdas dan keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu, mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah, akademisi, pelaku industri serta masyarakat sipil untuk bersama-sama mensukseskan acara ini. 

Jakarta dipersiapkan sebagai host city penyelenggaraan perhelatan ini dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia dan kini tengah mengembangkan sistem transportasi modern melalui pembangunan dan pengoperasian MRT Jakarta, LRT Jakarta, bus listrik Transjakarta, yang berjalan berdampingan dengan layanan transportasi dan logistik daring Grab Indonesia. 

Jakarta juga telah menerapkan pelayanan kota yang terdigitalisasi melalui sistem Jakarta Smart City dan sistem pembayaran transportasi terintegrasi Jaklingko. Jakarta merepresentasikan perkembangan sistem transportasi perkotaan yang dapat menjadi salah satu best case di Kawasan Asia-Pasifik. 

“Kementerian Perhubungan memiliki peran dalam mengimplementasikan konsep smart city yang dipadukan dengan sistem transportasi cerdas untuk ibu kota baru di Indonesia. Kami mendukung penuh ITS Indonesia menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan dukungan atas pemilihan tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024.

“Jakarta telah melaksanakan beberapa program yang bertujuan untuk mengubah kota menjadi kota yang layak huni dan berkelanjutan. Kami mendukung penggunaan sistem transportasi cerdas di Jakarta. Oleh karena itu, Jakarta siap menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024," ucapnya

ITS Indonesia mengajukan tema “Smart Transportation and Sustainable City”. Pelaksanaan perhelatan ini nantinya menawarkan pengalaman yang komprehensif, diantaranya melalui rangkaian acara pre-event, opening ceremony, plenary session, executive session, special interest session, exhibition, Jakarta City Tour, dan gala dinner. 

Persiapan penyelenggaraan The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024, akan melibatkan dan diarahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Kepala Otorita Ibukota Nusantara, serta Gubernur DKI Jakarta. ITS Indonesia juga mengajak anggota aktif ITS Indonesia untuk berpartisipasi di dalam kegiatan ini. (Lif)