Sinergi BI dan Lintas Instansi Salurkan Bantuan Kepedulian Sosial dan Pendidikan di DIY

MUS • Tuesday, 26 Apr 2022 - 15:07 WIB

Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) DIY, Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) DIY, Komunitas Penerima Beasiswa BI/GenBI (Generasi Baru Indonesia) DIY, dan Rumah Zakat pada hari ini (26/4) menyerahkan bantuan kepedulian di bidang sosial dan pendidikan untuk wilayah DIY. 

Penyerahan bantuan ini merupakan wujud “Syiar (Sinergi Aksi Instansi Ekonomi Syariah) Ramadan” dalam rangka memperingati bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan, kepada para perwakilan penerima bantuan.

Kegiatan ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar instansi ekonomi syariah di DIY dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi. 

“Adapun bantuan yang diserahkan antara lain yaitu, pertama, bantuan sembako kepada 1.500 masyarakat yang membutuhkan di DIY. Kegiatan ini merupakan kerjasama BMPD DIY dengan BI DIY. Kedua, santunan kepada panti asuhan/jompo di DIY dengan berkolaborasi dengan IPEBI DIY. Ketiga, bantuan penunjang pendidikan kepada pesantren dan sekolah di DIY berupa wireless mic untuk mendukung pengajaran,” ujar Kepala Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan

Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, melalui kolaborasi dengan Komunitas penerima beasiswa BI, yaitu GenBI (Generasi Baru Indonesia) DIY.

Hal ini bertujuan untuk mendorong generasi muda agar peduli terhadap literasi, sehingga dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia di Indonesia menuju generasi SDM Unggul untuk Indonesia Maju.

Keempat, bantuan fasilitasi sarana prasarana untuk air bersih berupa jaringan pipanisasi air bersih di Gedangsari, Gunungkidul, dan pembuatan sumur bor dan tandon air di Gununggambar, Gunungkidul. Kegiatan ini nantinya akan berkolaborasi dengan Rumah Zakat. (Ron)