Terbaik Implementasi Program Merdeka Belajar, Untar Raih Penghargaan

AKM • Tuesday, 26 Apr 2022 - 13:31 WIB

Bogor - Universitas Tarumanagara (Untar) dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik dalam pengimplementasian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta.

Penghargaan ini diberikan di sela-sela Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) LLDikti Wilayah III di Puncak, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

"Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan bahwa kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Untar telah berjalan dengan baik, sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan keunggulan serta keunikan yang dikembangkan di Untar," kata Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan.

Menurut Agustinus, pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi semua pemangku kepentingan, baik pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa serta semua mitra strategis Untar.

"Kami akan terus memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua pemangku kepentingan sebagai implementasi Untar untuk Indonesia, dan berkontribusi positif dalam mengembangkan SDM Unggul untuk Indonesia Jaya," imbuh Agustinus.

Plt. Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaa, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nizam, menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus berkualitas dan relevan, karena perannya sebagai jembatan dunia pendidikan menuju dunia kerja.

"Lulusan sebagai output sebuah perguruan tinggi perlu memiliki kualitas dan relevansi agar dapat memasuki dunia profesi. Oleh karenanya, program MBKM diakui sebagai sebuah terobosan yang selama ini dicari para mahasiswa dan para mitra industri, karena sistem rekrutmen tenaga kerja dan sistem menyiapkan SDM untuk masuk dunia kerja harus blending antara kampus dan industri," tegas Nizam.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani mengatakan pihaknya terus mendorong seluruh perguruan tinggi se DKI Jakarta, supaya meningkatkan kualitas melalui pencapaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU), dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, LLDikti Wilayah III memfasilitasi 297 perguruan tinggi swasta (PTS), 1.878 program studi, 23.838 dosen tetap, dan 640.471 mahasiswa serta lima perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan data PDDikti per April 2022.

"Dalam rangka mencetak lulusan pendidikan tinggi yang dapat diserap secara optimal oleh dunia usaha dan industri, kami akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dalam peningkatan mutu melalui delapan IKU Perguruan Tinggi dan kebijakan MBKM," kata Paris.

Selain meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan kegiatan pembelajaran MBKM terbaik, Untar juga meraih sederet penghargaan, antara lain: Perguruan Tinggi dengan Capaian Indikator Kinerja Utama Terbaik; Perguruan Tinggi dengan Perolehan Mahasiswa Berprestasi Terbanyak; Perguruan Tinggi dengan Pelaporan PDDikti 100 persen dalam Kurun Waktu Lima Tahun Terakhir; Perguruan Tinggi dengan Laporan Dokumen Kerja Sama dengan Status Aktif Terbanyak dalam Kurun Waktu Tiga Tahun Terakhir; Perguruan Tinggu dengan Perolehan Guru Besar atau Profesor Terbanyak dari 2020 hingga 2021; dan Perguruan Tinggi yang Menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19 Dosis ke-3.