Persiapan Arus Mudik, 25-27 April Uji Coba Ganjil Genap di Tol 

MUS • Monday, 25 Apr 2022 - 11:59 WIB

Jakarta - Uji coba penerapan sistem ganjil genap di jalan tol menjelang puncak arus mudik Lebaran 2022, dimulai pada Senin ini, 25 April 2022.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan mudik.

“Yang memimpin rekayasa lalu lintas adalah kepolisian Jasa Marga sifatnya support, kami siapkan kelengkapannya seperti memasang water barrier, bantuan petugas, dan memberikan informasi kepada pengguna jalan,” kata Heru kepada radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic pagi, Senin (25/4/2022). 

Uji coba sistem ganjil genap di jalan tol tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari dengan jadwal sebagai berikut:

1. Senin (25/4) pukul 11.00-13.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Cikampek Utama KM70.
2. Selasa (26/4) pukul 11.00-13.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Palimanan KM188.
3. Rabu (27/4) pukul 10.00-17.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Kalikangkung KM414.

Heru menuturkan, rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dengan ganjil genap, kemudian jika terjadi kepadatan lalu lintas akan menerapkan rekayasa tambahan yaitu contraflow, dan jika kepadatan melebihi batas maksimal akan diterapkan rekayasa lalu lintas one way.

“Akan ada filter ganjil genap di beberapa ruas jalan tol dimulai dari MBZ, yang ganjil boleh masuk dan genap melipir lewat Japek bawah, lalu ada di Cikarang Timur, dan di Karawang Barat,” ujar Heru.

Heru menjelaskan, Jasa Marga menyediakan informasi lalu lintas terkini dan pelayanan jalan tol melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080. Layanan serupa juga tersedia di akun Instagram @official.jasamarga dan aplikasi Travoy 3.0 tersedia di App Store dan Play Store.

“Kami akan menginformasikan terkait rekayasa lalu lintas, angka-angka pergerakan lalu lintas akan disebarkan melalui aplikasi dan sosial media, di Travoy ada fitur trust news yang berisikan press rilis, dan siang ini kami akan mengeluarkan digital book panduan mudik Jasa Marga yang bisa di download di Instagram dan aplikasi,” pungkas Heru. (Lif)