BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia untuk Yatim dan Dhuafa di Tangerang

ANP • Monday, 25 Apr 2022 - 11:39 WIB

TANGERANG - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitussalam The Green BSD Serpong menyalurkan 75 Paket Ramadhan Bahagia untuk anak Yatim dan dhuafa, serta kegiatan pemberian paket santunan kepada 500 anak Yatim dan 500 kaum dhuafa dari DKM Masjid Baitussalam The Green BSD. 

Secara simbolis penyerahan Paket Ramadhan Bahagia sekaligus Bantuan Zakat Fitrah diberikan Pimpinan BAZNAS RI BAZNAS RI Dr Zainulbahar Noor, SE, M.Ec kepada Ketua Yayasan Baitussalam H. Suryo Alam yang diselenggarakan di Masjid Baitussalam The Green BSD, Tangerang Selatan, Minggu (24/4).     

Turut hadir Ketua DKM Baitussalam The Green BSD H. Djindar Rohani K, Sekretaris DKM Baitussalam Ustadz Ardi Triantoro, Ketua Panitia acara H. Dodi Riyadi, Sekretaris Panitia H. Embay, Dewan Pembina Baitussalam H. Yufardis Yusuf, Ketua bidang Santunan, Ketua bidang Sembako  H. Dwi Nugroho,  Lurah Serpong H. Irawan Aquaranto Sukari Mesoferi dan Lurah Cilenggang Umar Dani. 

Bantuan ini merupakan bentuk implementasi dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat melalui BAZNAS, dan diharapkan kepedulian serupa akan terus digulirkan masyarakat agar semakin banyak lagi yang akan terbantu.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Dr Zainulbahar Noor, SE, M.Ec mengatakan, program unggulan Ramadhan ini rutin dilakukan BAZNAS setiap tahun dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan mustahik di bulan Ramadhan. 

"Saya merasa senang dan bahagia dapat mengikuti acara yang dilaksanakan oleh Masjid Baitussalam The Green BSD," katanya.

Menurutnya, BAZNAS adalah lembaga negara/pemerintah yang bertugas untuk mengelola dana zakat dari umat yang berfungsi untuk menanggulangi kemiskinan yang dialami oleh umat dan menyalurkannya kepada yang berhak dibantu. 

"BAZNAS memilih bekerjasama dengan masjid-masjid yang dapat mengelola manajemen masjidnya dengan baik. Karena para muzakki (pembayar zakat) berharap zakat yang telah mereka bayarkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat," tegasnya.

Zainulbahar berharap, Paket Ramadhan Bahagia ini bisa diterima dan bisa meningkatkan amal ibadah adik-adik dan penerima manfaat selama Ramadhan maupun setelahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Baitussalam H. Suryo Alam mengatakan, menjelaskan bahwa kegiatan santunan dan bantuan Sembako yang dilakukan oleh Masjid Baitussalam merupakan kegiatan rutin di bulan Ramadhan. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada jamaah Masjid Baitussalam yang telah menitipkan rezekinya untuk disalurkan kepada yang berhak.

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Pusat yang selalu ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh DKM Baitussalam The Green BSD. Dan target dalam kegiatan ini adalah kita dapat memberikan bantuan kepada anak-anak Yatim dan Dhuafa, selain di kelurahan Serpong dan Cilenggang kami juga memberikan bantuan ini ke beberapa kelurahan lainnya yang ada di Kota Tangsel,” terangnya. 

Suryo menambahkan, di bulan Ramadhan ini DKM Baitussalam juga menggelar kegiatan donor darah. Dan untuk kegiatan santunan kali ini ada tambahan paket santunan untuk 75 anak-anak Yatim yang berasal dari BAZNAS Pusat.

Adapun perwakilan lurah Serpong yang diwakili oleh Kesosnya, dan lurah Cilenggang yang diwakili oleh Sekertaris Kelurahan Tri Mulyono Herlambang, keduanya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DKM Baitussalam The Green BSD.

“Kami mewakili lurah Serpong dan lurah Cilenggang mengucapkan terima kasih kepada Masjid Baitussalam The Green BSD yang telah peduli kepada warga kelurahan Serpong dan Cilenggang, semoga Sembako yang diberikan ini akan dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan diharapkan ke depannya bantuan yang diberikan akan dapat ditambah jumlah yang menerimanya,” kata keduanya. 

Target penyaluran Paket Ramadhan Bahagia BAZNAS pada Ramadhan 1443 H ini sebanyak 10.000 paket yang akan disebarluaskan ke seluruh titik mitra/BAZNAS Pusat/Provinsi/Kab/Kota. 

Hingga Minggu (24/4), sebanyak 2945 Paket Ramadhan Bahagia telah disalurkan. Adapun cakupan wilayah penyaluran saat ini yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY dan Sumatera Utara. (ANP)