Fundraising Digital Meningkat, BAZNAS Raih Penghargaan dari LinkAja Syariah

ANP • Saturday, 23 Apr 2022 - 10:09 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih penghargaan #MakinBerkah Award Untuk Partner Zakat, Infak, dan Sedekah dari LinkAja Syariah. Penyerahan penghargaan dilakukan bertepatan dengan acara silaturahmi milad ke-2 LinkAja Syariah yang digelar di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Jumat (22/4). 

Penghargaan yang diraih BAZNAS tak lepas dari pencapaian positif fundraising digital yang terus meningkat tiap tahunnya. Tercatat sejak tahun 2020, pengumpulan zakat, infak, dan sedekah BAZNAS dari sektor digital terus meningkat dan melebihi target yang dicanangkan. 

Bahkan pada tahun 2021 lalu, fundraising digital BAZNAS RI mencapai Rp137 miliar, melonjak dari target awal sebesar Rp120 miliar. Ini merupakan dampak positif dari inovasi dan terobosan yang dilakukan BAZNAS demi memberi kemudahan berzakat.

"Alhamdulillah, BAZNAS sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan. Semoga capaian ini semakin memompa BAZNAS terus bekerja memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah agar semakin banyak penerima manfaat yang terbantu lewat program-program BAZNAS," kata Deputi l Bidang Pengumpulan BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta, yang menerima langsung piagam penghargaan. 

Arifin menambahkan, raihan ini merupakan buah dari upaya digitalisasi yang digencarkan BAZNAS dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2016, BAZNAS mengembangkan inovasi dalam menggencot potensi ZIS dari sektor digital. BAZNAS juga menjalin kolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

"BAZNAS menyadari betul bahwa dunia digital terus mengalami perkembangan. Maka, BAZNAS terus berinovasi dan membuat terobosan dalam berbagai aspek digital, demi memberi kemudahan kepada donatur atau muzaki untuk beramal. Berbagai kemudahan yang diberikan ini alhamdulillah membuahkan hasil dengan peningkatan pengumpulan dari sektor digital," kata Arifin. 

Arifin pun berharap, BAZNAS dan LinkAja Syariah bisa terus bekerja sama, demi mencapai tujuan mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat. Pasalnya, dalam mencapai tujuan itu, BAZNAS tentu membutuhkan sinergi dengan banyak pihak, agar kebaikan yang ditanam dapat berdampak luas dan dirasakan orang banyak. 

"Semoga kolaborasi yang telah terjalin dapat terus terjaga dengan baik. BAZNAS tentu menyambut dengan tangan terbuka siapa saja yang ingin bersinergi dalam menebar kebaikan," pungkasnya. (ANP)