Rakorda LLDikti Wilayah III 2022: “Kampus Merdeka dari Jakarta untuk Indonesia”

MUS • Friday, 22 Apr 2022 - 15:07 WIB

Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melanjutkan program kerja dalam bidang Pendidikan Tinggi, salah satunya Transformasi Pendidikan Tinggi melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Provinsi DKI Jakarta sebagai unit yang mengemban tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, sesuai dengan amanah Permendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021.

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, LLDikti Wilayah III memfasilitasi 297 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), 1878 Program Studi, 23.838 Dosen Tetap, dan 640.471 Mahasiswa serta 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan data PDDikti per-April 2022. 

“Dalam rangka mencetak lulusan pendidikan tinggi yang dapat diserap secara optimal oleh dunia usaha dan industri, kami akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dalam peningkatan mutu melalui 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” tutur Paris.

Paris menyampaikan komitmen LLDikti Wilayah III untuk menetapkan strategi dan inovasi layanan agar perguruan tinggi di lingkungannya dapat memperoleh akreditasi unggul agar dapat menginspirasi satu Indonesia.

“Kami banyak melakukan modifikasi anggaran terutama untuk kegiatan fasilitasi seperti bimbingan teknis bagi perguruan tinggi yang akreditasinya masih C, pelatihan PEKERTI untuk dosen, peningkatan kualitas jurnal dan sebagainya dalam bentuk klinik-klinik,” jelas Paris. 

Pendidikan tinggi merupakan penghasil sumber daya manusia yang handal. Mengingat angka partisipasi kasar pendidikan tinggi masih berkisar 31%, program-program seperti KIP Kuliah, kolaborasi antar perguruan tinggi dan industri dapat menjadi solusi. 

Pendanaan Pendidikan tinggi seperti Matching Fund dan Competitive fund diharapkan dapat menjadi asupan semangat baru bagi perguruan tinggi, dalam menghasilkan publikasi penelitian yang berkualitas.

Perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan terus kualifikasi akademik dosen, kinerja tridharma perguruan tinggi, kompetensi, komitmen dan etika akademik. Selain itu, perguruan tinggi juga memiliki kewajiban dalam hal pengurusan akreditasi dalam penjaminan mutunya secara berkelanjutan dan konsisten. 

Pada akhir acara, LLDikti Wilayah III memberikan sejumlah penghargaan bagi perguruan tinggi yang telah menjaga mutunya dengan baik kedalam berbagai kategori antara lain:

1. Universitas Tarumanegara sebagai Perguruan tinggi penyelenggara bentuk kegiatan pembelajaran MBKM Terbaik
2. Universitas Tarumanegara sebagai Perguruan tinggi dengan capaian indikator kinerja utama terbaik
3. Universitas Bina Sarana Informatika sebagai Perguruan tinggi penyelenggara sentra vaksinasi dosis ke-3 (booster) Covid-19
4. Universitas Gunadarma sebagai Perguruan tinggi penyelenggara sentra vaksinasi dosis ke-3 (booster) Covid-19
5. Universitas Multimedia Nusantara sebagai Perguruan tinggi dengan peningkatan mutu tercepat
6. Universitas Pelita Harapan sebagai Perguruan tinggi dengan perolehan guru besar terbanyak (7 profesor)
7. Universitas Mercu Buana sebagai Perguruan tinggi dengan pengelolaan Kartu Indonesia Pintar Kuliah terbaik
8. Universitas Tarumanegara sebagai Perguruan tinggi dengan perolehan mahasiswa berprestasi terbanyak
9. Universitas Trisakti sebagai Perguruan tinggi dengan kinerja riset dan pengabdian kepada masyarakat terbaik
10. Universitas Bina Nusantara sebagai Perguruan tinggi dengan QS Star World University Rankings 2021 di lingkungan  LLDIKTI WILAYAH III
11. Universitas Gunadarma sebagai Perguruan tinggi dengan penyumbang bantuan kemanusiaan (bencana) terbesar