Realisasi Penyaluran Dana Bergulir LPDB-KUMKM Triwulan 1 Lampaui Target

ANP • Friday, 22 Apr 2022 - 11:25 WIB

JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) kembali mencatatkan kinerja yang positif di triwulan I 2022. Hal ini tercermin dari realisasi penyaluran pembiayaan kepada koperasi yang melampaui target yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Diketahui per 6 April 2022 lalu, realisasi penyaluran dana bergulir oleh Badan Layanan Umum (BLU) di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) ini mencapai Rp523,89 miliar. Jumlah ini melewati target yang ditetapkan Kemenkeu sebesar Rp450 miliar untuk triwulan I 2022. Secara total target penyaluran pembiayaan dana bergulir oleh LPDB sampai akhir tahun sebesar Rp1,8 triliun.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo, menjelaskan bahwa pihaknya bersyukur meski di tengah tantangan pandemi Covid-19 realisasi penyaluran tetap tinggi. Apabila kasus Covid-19 pada Februari 2022 lalu tidak tinggi, dia optimis penyaluran bisa lebih tinggi dari yang dicapai saat ini.

"Sebenarnya di Triwulan I 2022 ancang-ancang kita harusnya lebih tinggi karena kita tahu bahwa di Triwulan II itu berat karena ada Ramadan dan Idul Fitri yang liburnya panjang, tapi ternyata pada Februari Covid Omicron tinggi banget baik secara internal, maupun mitra kita kena Covid sehingga PPKM jadi terbatas lagi, namun Alhamdulillah kita masih bisa achive," ujar Supomo dalam acara Berkah Ramadan yang digelar di kantornya, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ditambahkan bahwa dari realisasi penyaluran itu porsi syariah dan konvensional hampir berimbang. Penyaluran dana bergulir dengan pola syariah mencapai Rp217,82 miliar dengan jumlah mitra sebanyak 20 unit. Sedangkan dengan pola konvensional mencapai Rp306,07 miliar dengan jumlah mitra 39 unit.

Diakui Supomo bahwa geliat penyaluran dana bergulir syariah salah satunya ditopang oleh adanya Koperasi Pesantren (Kopontren) yang saat ini mulai menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan salah satu role model Kopontren yang sukses menjalankan usaha produktifnya adalah Pesantren Al-Itifaq di Bandung dan Pesantren An-Nur di Malang Jawa Timur. Kedua pesantren ini memiliki unit usaha produktif yang dikelola melalui Koperasi dan bermitra dengan LPDB-KUMKM.

"Kalau pola syariah kurang lebih pagunya 50 persen dari total portofolio kita. Namun saat ini penyaluran ke pesantren baru sekitar 20 persen dan yang lainnya non pesantren sekitar 30 persen seperti ke KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah), serta BMT (Baitul Maal wa Tamwil)," sambung Supomo.

Perkuat Manajemen Internal

Ke depan Supomo meyakini target penyaluran dana bergulir untuk koperasi akan mencapai target yang ditetapkan. Untuk mengejar target itu, direksi LPDB-KUMKM terus memperkuat menejemen di internalnya dan terus menjaga kekompakan antara direksi dan stafnya. Salah satu penguatan yang dilakukan adalah dengan menetapkan Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM yang saat ini dijabat oleh Oetje Koesoema Prasetia. Sebelumnya jabatan ini dipegang oleh Jaenal Aripin yang kini kembali ke dunia akademis.

Supomo meyakini dengan adanya jajaran direksi yang baru, akan menambah daya dobrak kinerja LPDB-KUMKM. Terlebih dengan background di sektor finansial yang sebelumnya berkecimpung lama, Supomo optimis bergabungnya Oetje Koesoema Prasetia di jajaran direksi akan mampu mengakselerasi penyaluran dana bergulir.

"Di Ramadan ini kita ada power baru dengam kehadiran pak Oetje. Semoga dengan adanya tambahan power ini kekuatan LPDB-KUMKM semakin utuh. Sebab kita tahu Pak Oetje ini sudah malang melintang di sektor finansial," pungkas Supomo.

Sementara itu, Oetje Koesoema Prasetia mengaku senang dapat bergabung dalam keluarga besar LPDB-KUMKM. Dia bertekad untuk bekerja maksimal sehingga target-target kinerja yang sebelumnya ditetapkan dapat dicapai dengan tanpa kendala yang berarti.

"Semoga kita bersama bisa memberikan kinerja terbaik dan maksimal. Jadi mohon dukungan penuh dari smua pihak untuk mencapai target kinerja yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Sekedar informasi tambahan, acara Berkah Ramadan yang digelar LPDB-KUMKM ini juga dilakukan penyerahan santunan secara simbolis kepada anak yatim - piatu dan kaum dhuafa yang berada di sekitar kantor. Diharapkan dengan santunan ini bisa membantu mengurangi beban mereka. (ANP)