Sleman Siap Menyambut Wisatawan Saat Libur Lebaran

MUS • Thursday, 14 Apr 2022 - 14:38 WIB

Sleman - Libur cuti bersama Hari Raya idul fitri menjadi angin segar bagi pergerakan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman. Melihat libur Natal dan Tahun Baru kemarin, terjadi peningkatan hunian hotel di Sleman rata-rata 52% sampai dengan 95%, dan tingkat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata juga naik sekitar 30% sampai dengan 75%. 

“Kemudian dalam persiapan menghadapi  liburan lebaran dan cuti bersama pengelola hotel optimis terjadi peningkatan sekitar 20% dari liburan natal dan tahun baru 2021, pada hari Selasa 12 April 2022 accupan beberapa hotel untuk liburan lebaran dan cuti bersama sudah sekitar 40% dan diprediksi akan meningkat sampai libur lebaran dan cuti bersama tiba," ujar Suparmono, Kepala Dinas Pariwisata Sleman.  

Selain itu juga beberapa hotel juga sudah optimis terisi penuh untuk libur lebaran dan cuti bersama. kami optimis libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini akan lebih menjanjikan dalam pemulihan sektor pariwisata.

Lanjut Suparmono “Untuk kawasan wisata Kaliurang diagendakan mulai tanggal 30 April akan digelar Fesfival Lampion dengan Tema baru yang didesign menarik untuk para pengunjung.”

"Kawasan wisata yang masih ditutup karena aktivitas Merapi, antara lain Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, dan Mbah Maridjan, kami masih berproses koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sleman dan lembaga terkait, apakah keamanannya sudah kondusif untuk dapat beroperasional kembali atau belum," lanjutnya. 

Desa Wisata Grogol, Desa Wisata Blue Lagoon, Desa Wisata Kelor , Desa Wisata Tanjung, Desa Wisata Pancoh, Desa Wisata Bukit Teletubbies, Desa Wisata Sambirejo, Desa Wisata Pulesari, Watu Purbo dan Desa Wisata Garongan telah siap untuk menerima kunjungan pada liburan lebaran dan cuti bersama dengan paket-paket menarik atraksi khas desa wisata.

Pengelola destinasi rata-rata optimis liburan besok akan memberi geliat lebih dalam kenaikan kunjungan wisatawan dengan prediksi kenaikan sampai dengan 100% sd 150% dibandingkan saat libur Natal dan tahun baru yang lalu. Prediksi ini dikuatkan dengan sudah banyaknya masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi dosis 2 dan juga booster.

“Upaya kami sebagai bentuk pelayanan kepada  wisatawan adalah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan  yang berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Sleman,  dan kami akan berkomitmen  menjadi tuan rumah yang bertanggungjawab bagi wisatawan di Kabupaten Sleman. Bahwa kegiatan pariwisata merupakan satu ekosistem, sehingga semua elemen harus bertanggungjawab dalam pelayanan pariwisata,“ pungkas Suparmono.