Survei Point Indonesia, Sandiaga Uno Ungguli Anies Baswedan Sebagai Capres Untuk Pemulihan Ekonomi

FAZ • Monday, 11 Apr 2022 - 04:25 WIB

Jakarta - Lembaga survei Point Indonesia merilis hasil jajak pendapat bertajuk 5 Calon Presiden (Capres) Pilihan Publik 2024. Pada survei ini, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mencuat dalam daftar tiga besar kandidat capres dengan popularitas tertinggi.

"Salah satu poin kuat Sandiaga Uno ialah karena pengalaman beliau sebagai pengusaha," ujar peneliti senior Point Indonesia Usmar melalui keterangan tertulis, Minggu, 10 April 2022.

Usmar mengungkapkan survei ini berisi simulasi lima kandidat capres dalam Pemilu 2024. Nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih yang teratas dengan perolehan 28 persen. Posisi kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 24,1 persen.



Sandiaga Uno di posisi ketiga dengan 21,7 persen. Berikutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 10,3 persen. Terakhir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,2 persen.

Baca: Anggaran Pemilu 2024 Ditetapkan Usai Pelantikan Komisioner KPU-Bawaslu Baru

Selain popularitas capres 2024, kata Usmar, survei ini mengkaji sejumlah isu lain. Misalnya, lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga kebutuhan pokok serta pertumbuhan ekonomi.

Ia menyebut publik menginginkan pemimpin yang memiliki perhatian pada isu-isu di atas. Sandiaga Uno muncul sebagai tokoh yang dinilai mampu menjawab tantangan tersebut. 

"Sandiaga Uno masih menjadi tokoh yang berkomitmen penuh pada pemulihan ekonomi, salah satunya memanfaatkan kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pemulihan ekonomi nasional," ungkap Usmar.

Survei dilakukan pada 11-22 Maret 2022 menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampling 1.916 responden di seluruh Indonesia dengan sebaran proporsional di 34 provinsi. Margin of error survei ini sebesar 2,24 persen.