Geber Stok Darah PMI di Bulan Puasa, Bala Bentala Indonesia Gelar Donor Darah Massal

MUS • Sunday, 10 Apr 2022 - 22:21 WIB

Jakarta - Memasuki bulan suci ramadhan, PT Bala Bentala Indonesia, PT Temas, Tbk, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk kedua kalinya menggelar kegiatan ‘Jakarta Utara Mendonor’. Kegiatan berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta dilaksanakan tanggal 9 hingga 13 April 2022 di GOR Tanjung Priuk, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Target kantong darah yang disiapkan setiap hari sebanyak 800 kantong, dengan total 4.000 kantong untuk 5 hari kedepan.

Bakti sosial kemanusiaan donor darah ini dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi beserta jajaran Pengurus PMI DKI Jakarta, Pengurus PMI Jakarta Utara, Camat Tanjung Priuk, dan sejumlah elemen yang berpartisipasi.

Ketua Pelaksana PT Bala Bentala Indonesia Andreas Sofiandi mengatakan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh masyarakat mmum, PPSU se-Jakarta Utara, dan berbagai elemen masyarakat lainnya. 

“Ini merupakan kegiatan rutin kami, untuk membantu PMI dalam memasuki bulan Puasa yang dimana stok darah menipis dengan target 4.000 kantong," kata Andreas. 

Untuk hari pertama, sambungnya, banyak masyarakat yang sangat antusias mengikuti donor darah, terlihat dari panjangnya antrian pendaftaran. “Jika ditotal dari keseluruhan donor yang mendaftar lebih dari 800 orang," sebut Andreas yang juga anggota Dewan Kehormatan PMI DKI Jakarta ini.

Ditambahkannya, pada kegiatan tersebut disediakan juga sembako untuk para donor yang berhasil, seperti beras 4 kg, minyak sayur, gula, dan Vitamin. “Agar tetap sehat dimasa pandemi seperti ini, dan diwaktu berbuka juga kami siapkan takjil untuk para nakes dan donor,” sebutnya.

Sementara, Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi mengungkapkan kegiatan Jakarta Utara Mendonor ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kekurangan darah di bulan puasa. “Kita ajak masyarakat dari PPSU, kita berharap 4.000 kantong darah berhasil didapat dan mencapai rekor MURI seperti tahun lalu,” tuturnya.

“Kita juga berharap kegiatan ini dapat memenuhi stok darah PMI yang setiap harinya mencapai 1.200 kantong,” harap Rustam Effendi.