CIMB Niaga (BNGA) Bagikan Dividen 60% dari Laba 2021 Senilai Rp 2,34 Triliun

FAZ • Saturday, 9 Apr 2022 - 09:29 WIB

Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CIMB Niaga Tbk menetapkan 60% dari laba tahun 2021 dibagikan sebagai dividen tunai atau senilai Rp 2,34 triliun.

Dividen tunai tersebut akan dibayarkan pada 28 April 2022. Adapun laba bersih CIMB Niaga secara bank only tahun 2021 mencapai Rp 3,9 triliun

Sisa laba bersih tahun buku 2021 setelah dikurangi pembagian dividen tunai, dibukukan sebagai laba ditahan untuk membiayai kegiatan usaha CIMB Niaga.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga mencatatkan kinerja yang sangat baik pada 2021 meskipun masih berada dalam kondisi yang menantang akibat pandemi COVID-19. Berbagai indikator utama kinerja CIMB Niaga di antaranya pertumbuhan laba dan tingkat pengembalian ekuitas (ROE) terus meningkat, bahkan telah melebihi pencapaian kinerja sebelum pandemi.

Lani bilang,  manajemen CIMB Niaga akan terus meningkatkan kinerja keuangan di tahun 2022 sesuai sasaran yang telah ditetapkan.

"Kami akan konsisten mengimplementasikan 5 pilar strategi sebagai landasan strategi bisnis jangka menengah dan panjang, sehingga dapat mencapai aspirasi menjadi bank pilihan bagi nasabah di segmen bisnis dan konsumer di Indonesia,” kata Lani dalam keterangan resminya, Jumat (8/4).

Selain itu, RUPS CIMB Niaga juga mengangkat kembali 2 direktur dan mengangkat 1 direktur baru. Pemegang saham menyetujui pengangkatan kembali Lee Kai Kwong dan John Simon, masing-masing sebagai Direktur CIMB Niaga.

Masa jabatan keduanya efektif terhitung sejak ditutupnya RUPST sampai dengan penutupan RUPST yang ketiga setelah tanggal efektif pengangkatannya dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan Pasal 105 UU PT.

Di samping itu, RUPS sepakat untuk mengangkat Noviady Wahyudi sebagai Direktur CIMB Niaga dengan masa jabatan efektif terhitung sejak tanggal yang ditentukan dalam RUPS yang mengangkatnya dan setelah mendapat persetujuan dari sampai dengan penutupan RUPST yang ketiga setelah Tanggal Efektif dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan Pasal 105 UU PT.

Seperti diketahui, Noviady Wahyudi telah berpengalaman di industri perbankan dengan jabatan terakhir sebagai Chief of Consumer Banking CIMB Niaga.

Dengan demikian, susunan Direksi CIMB Niaga adalah sebagai berikut:

Direksi

Lani Darmawan : Presiden Direktur

Lee Kai Kwong :Direktur

John Simon : Direktur

Fransiska Oei :  Direktur merangkap Direktur Kepatuhan

Pandji P. Djajanegara : Direktur

Tjioe Mei Tjuen :Direktur

Henky Sulistyo. : Direktur

Joni Raini : Direktur

Rusly Johannes :Direktur

Noviady Wahyudi :Direktur

Adapun susunan Dewan Komisaris CIMB Niaga tidak mengalami perubahan, sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Didi Syafruddin Yahya: Presiden Komisaris

Glenn Muhammad Surya Yusuf: Wakil Presiden Komisaris (Independen)

Jeffrey Kairupan: Komisaris Independen

Sri Widowati: Komisaris Independen

Dato’ Abdul Rahman Ahmad: Komisaris

Vera Handajani: Komisaris