Daftar Nama Hewan Ajaib yang Sukses Membuat Penonton Terpesona di the Secrets of Dumbledore 

MUS • Friday, 8 Apr 2022 - 11:47 WIB

Tim yang dibentuk Newt Scamender (Eddie Redmayne) tidak akan sukses melancarkan aksi melawan Gellert Grindelwald (Mads Mikkelsen) tanpa bantuan hewan-hewan ajaib yang menjadi ciri khas dari keseluruhan series Fantastic Beasts garapan David Yates ini. 

Ada banyak hewan baru yang dimunculkan dan sukses membuat penonton terpesona, ditambah kemunculan hewan yang sama seperti di dua judul series sebelumnya, yakni The Bowtruckle (Pickett) dan The Niffler (Teddy) si penyuka barang-barang berkilau yang menjadikan The Secrets of Dumbledore jauh lebih menarik. 

Berikut daftar hewan ajaib yang ikut membantu Newt dkk hingga sukses membuat penonton terpesona:

1. The Bowtruckle (Pickett)
Bowtruckle merupakan ranting atau setangkai kecil tanaman, dengan pelengkap berdaun kecil dan kaki kurus yang menyerupai akar pohon namun hidup, memiliki mata, hidung hingga mulut serta bisa berjalan layaknya hewan biasa. Hewan ini muncul di ketiga series Fantastic Beasts.  Menurut keterangan J.K Rowling selaku pembuat karakter, Pickett pada dasarnya sangat pemalu, namun memiliki kecerdasan, keberanian, dan kesetiaan yang luar biasa. Bowtruckle yang disebut Pickett sangat terikat dengan Magizoologist Newt Scamander, yang telah lama berhenti berusaha mengembalikannya ke rumah pohonnya di suaka binatang. Sebaliknya, Pickett telah menjadi teman tetap Newt dan sekutu yang sangat berharga bagi penyihir itu.

2. The Niffler (Teddy)
Niffler adalah binatang yang memiliki ciri seperti hewan pengerat yang menggemaskan dengan moncong panjang dan bulat. Newt Scamander memiliki kesukaan khusus untuk Niffler nakal yang ia beri nama Teddy. Hewan ini sangat menyukai benda-benda mengkilap. Di series sebelumnya Niffler sukses membuat gelak tawa dengan kenakalannya mencuri benda-benda berkilau tidak pada tempatnya dan cukup membuat Newt kesulitan. Namun, obsesi Teddy terhadap benda berkilau merupakan benang penghubung pertemuan pertama Newt dengan Jacob Kowalski dan saudara perempuan Goldstein, yakni Queenie yang membuat petualangan mereka dimulai. Menurut JK. Rowling, kegemaran Teddy untuk mencuri apa pun yang berkilauan juga kadang-kadang memiliki hasil yang menguntungkan secara tak terduga bagi Newt.

3. Adolescent Nifflers (Alfie & Timoti)
Sudah berkembang dan bertumbuh, dua Niffler bayi bernama Alfie dan Timothy telah memasuki masa remaja, meskipun mereka mungkin tampak menyenangkan dan menggemaskan, mereka ternyata lebih nakal daripada Teddy. Hiburan favorit mereka adalah membingungkan asisten setia Newt Scamander, Bunty yang selalu mengalami kesulitan menjaga binatang kecil yang lucu itu, apalagi mengawasinya. Seperti Teddy, Alfie & Timoti memiliki ketertarikan naluriah dengan barang-barang gemerlap, sehingga setiap koin, perhiasan, atau pernak-pernik lainnya yang hilang kemungkinan besar akan ditemukan di kantong mereka yang dapat diperluas.

4. Adult Qilin 
Qilin adalah binatang ajaib yang paling dihormati di dunia sihir. Mereka dihargai karena kemampuan bawaannya untuk melihat ke dalam jiwa seseorang, dan mengetahui apakah mereka memiliki hati yang murni. Qilin dewasa memiliki penampilan seekor naga kuda, dengan tubuh seperti rusa, lehernya panjang serta ditutupi sisik berwarna emas dan tubuhnya memancarkan cahaya warna-warni. Kepalanya yang khas memiliki dua tonjolan bersisik yang menonjol serta moncong runcing dengan dua sulur panjang, satu memanjang dari setiap sisi wajahnya. Dari dekat, fitur Qilin yang paling khas adalah mata cokelatnya yang ekspresif.

5. Baby Qilin
Baby Qilin lahir dengan kemampuan bawaan untuk memahami karakter asli seseorang dan dikenal tunduk pada seseorang yang murni hatinya. Seperti induknya, bayi Qilin memiliki moncong runcing dan kepala bergerigi, dengan dua sulur yang akan memanjang seiring bertambahnya usia. Ada sisik yang menutupi tubuhnya yang kecil, yang pada waktu-waktu tertentu bersinar dengan cahaya warna-warni yang hangat. Jalan bayi Qilin mengingatkan kita pada anak rusa, dengan kakinya yang kurus dan ringkih saat berusaha menemukan pijakan. Qilin menjadi hewan penting pada The Secrets of Dumbledore karena Grindelwald berusaha memanfaatkan hewan ini untuk menjadikan dirinya sebagai pemimpin dunia sihir, sehingga lebih mudah menjalankan rencananya untuk menghancurkan dunia muggle.

6. Wyvern
Wyvern adalah binatang berkaki dua yang dapat mengambil bentuk yang berbeda tergantung pada fungsinya. Hewan ini mirip dengan naga tetapi dengan kulit halus daripada sisik. Wyvern muncul saat adegan awal Newt Scamander mencoba menyelamatkan Qilin yang baru saja lahir. Hewan besar ini menyelamatkan Newt setelah pingsan melawan utusan Grindelwald. Sepintas, Wyvern terlihat seperti Dodo, tetapi dengan ekor panjang berbulu dan sayap pendek gemuk yang tampaknya tidak mampu terbang. Namun Wyvern bisa terbang, ia akan mulai lepas landas dengan menggembungkan diri seperti blowfish dan kemudian melayang seperti balon udara, dengan sayap kecilnya yang mengepak mirip dengan burung kolibri. Ekornya memanjang secara perlahan dan ia memiliki kekuatan tarik untuk membawa benda yang jauh lebih berat berkali-kali lipat. Setelah mengudara, Wyvern mengubah bentuk lagi, ia akan mengempiskan tubuhnya saat sayapnya melebar kemudian akan terbang jauh sembari mengepakkan sayap tersebut.

7. Manticore
Manticore yang menakutkan adalah binatang besar seperti krustasea yang menyerupai persilangan antara lobster raksasa dan kepiting, dengan cangkang keras, berbulu halus, dan bermata lima. Ia memiliki beberapa pelengkap, yaitu dua cakar, pengait serta kaki-kakinya yang besar. Tetapi cakar pada makhluk karnivora raksasa ini dapat menghancurkan manusia, sementara rahangnya yang kuat, yang terlihat seperti cakar ketiga, dapat melepaskan daging dari tulangnya dan melahapnya hanya dalam hitungan detik. Manticore memberi makan sisa-sisa tubuh hancur itu kepada ratusan anaknya yang kelaparan. Hewan ini muncul saat Newt mencoba menyelamatkan kakaknya, Thesus Scamender saat ditahan di penjara bawah tanah karena mengacaukan rencana jahat Grindelwald.

8. Baby Manticores
Meskipun kecil dibandingkan dengan Manticore dewasa, bayi Manticore sangat mengancam dalam jumlah yang sangat banyak. Kepala mereka yang berduri dan ekor yang melengkung membuat mereka lebih terlihat seperti udang atau kalajengking daripada lobster. Mereka memiliki gaya berjalan menyamping, adegan saat Newt dan Thesus menirukan gaya berjalan Baby Manticores sukses membuat penonton tertawa terbahak karena sutradara mampu menyelipkan adegan lucu itu di tengah adegan yang seharusnya menegangkan.

Series Fantastic Beasts tidak akan mungkin memukau tanpa kehadiran hewan-hewan ajaib buatan J.K Rowling tersebut. Kesuksesannya justru terletak pada kemunculan mereka yang memiliki kekuatan magis sekaligus menghibur, membantu Newt sebagai tokoh yang akan dipastikan selalu hadir di kelima series yang akan datang. Fantastic Beast 3: The Secrets of Dumbledore akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 13 April 2022. (Ayn)