Soal Harga Pertamax Naik, Jokowi Sentil Menteri: Ceritain Dong ke Rakyat, Ada Empati Gitu

FAZ • Wednesday, 6 Apr 2022 - 13:07 WIB

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara menyentil Menteri Kabinetnya. Khususnya kepada Menteri yang mengurus persoalan tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 92 atau Pertamax.

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Menteri tidak memberikan penjelasan apa-apa mengenai kenaikan harga BBM Pertamax.

"Menteri tidak memberikan penjelasan apa-apa, mengenai ini, hati-hati! Kenapa Pertamax naik di ceritain dong, ada empati kita, enggak ada? Yang berkaitan dengan energi gak ada (empati). Itu yang namanya memiliki sense of crisis?" tegas Jokowi dalam memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Jokowi meminta menterinya memiliki empati terkait masalah ini. Sebab menurutnya, selama ini tidak ada penjelasan terkait masalah kenaikan harga energi ini.

"Ada empati kita gitu loh. Nggak ada. Yang berkaitan dengan energi nggak ada. Itu yang namanya memiliki sense of crisis yang tinggi," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan soal harga-harga kebutuhan pokok. Dia ingin tidak hanya minyak goreng saja yang dipantau.

"Terutama betul-betul ini yang saya minta berhubungan dengan kebutuhan pokok dirumuskan betul tidak hanya urusan minyak goreng. Tetapi dilihat satu-persatu. Urusan beras seperti apa, urusan kedelai nanti seperti apa. Urusan gandum nanti akan seperti apa," tuturnya.