Ramadhan 5 Benua, Dubes RI untuk Filipina: Nuansanya Tidak Seperti di Indonesia

MUS • Tuesday, 5 Apr 2022 - 12:47 WIB

Jakarta – Menteri Agama telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan pada hari minggu lalu. Tak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan di tahun ini. Seluruh umat muslim di Indonesia pun melaksanakan ibadah puasa, tak terkecuali umat muslim di luar negeri yang dimana penduduknya mayaoritas bukan beragama Muslim seperti di Filipina. 

Duta Besar Indonesia untuk Filipina Letjen (Purn) TNI Agus Widjojo, mengungkapkan suasana Ramadhan di Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Agus yang baru bertugas sekitar 1 bulan lebih, masih menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tugas barunya. Ia mengatakan keadaan di Manila sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Jakarta secara umum.

“Bentuk fisiknya juga menyerupai Indonesia, kulturnya menyerupai Indonesia, mereka merupakan masyarakat yang cukup ramah dan juga bertoleransi,” Ujar Agus dalam Trijaya Hot Topic Petang, Senin. (04/04/2022)

Karena mayoritas masyarakat di kota Manila beragama katolik, Agus mengatakan nuansa Ramadhan disana bukan sesuatu yang biasa seperti di Indonesia. Meskipun di lingkungan KBRI ada WNI dan warga setempat yang beragama muslim, tetapi nuansa Ramadhan disana tidak terlalu terasa seperti di Indonesia.

Agus mengungkapkan dirinya sempat merencanakan untuk melaksanakan buka bersama dengan WNI sepanjang bulan Ramadhan. Namun saat ini rencana tersebut belum sempat terlaksana, karena adanya instruksi dari Menteri Luar Negeri untuk tidak melaksanakan buka bersama terlebih dahulu.

“Kebetulan hari ini kami menyiapkan masakan Indonesia, tetapi karena ada rujukan untuk tidak menyelenggarakan buka bersama, kami menyajikannya dalam bentuk bingkisan yang kami kirimkan ke alamat Warga Indonesia KBRI,” Ujar Agus.

Agus juga berpesan kepada para WNI di Filipina untuk terus menghormati kultur yang berlaku disana dan terus menjalin kontak dengan KBRI.  

“Jangan segan-segan untuk menghubungi perwakilan yang terdekat, dan kami akan berusaha sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan apabila ada musibah yang dialami oleh rekan sebangsa di Filipina” Pungkas Agus menutup Trijaya Hot Topic Petang. (Fad)