Sulitnya Korban PHK di The Contractor

MUS • Monday, 4 Apr 2022 - 08:32 WIB

Genre: Action
Sutradara: Tarik Saleh
Pemeran: Chris Pine, Ben Foster, Kiefer Sutherland
Durasi: 1 jam 43 menit 
Distributor: STXfilms
Segera tayang di Cinema XXI

Korban PHK biasanya akan menghadapi serangkaian kesulitan ekonomi. Pergumulan menjadi lebih berat ketika PHK menimpa abdi negara, yang mengandalkan hidupnya pada sokongan pemerintah. Namun ketika kesempatan mengembalikan pendapatan terbuka, sekaligus kembali mengabdikan diri, kapabilitas dan seluruh kemahiran pun dikerahkan. 

"The Contractor" bercerita tentang korban PHK Sersan James Harper, yang dipecat dengan hormat dari militer. Namun, James harus kehilangan jaminan pensiun dan kesehatan. Setelah pikiran, jiwa, dan raga bersedia dikorbankan, mantan pasukan khusus itu seolah dibuang begitu saja, di tengah himpitan ekonomi yang harus dihadapi. 

Demi menafkahi keluarga, James mengadakan kontrak dengan satuan militer bawah tanah swasta. Pekerjaan rahasia itu disebut mendapat otorisasi langsung dari presiden. Lebih dari itu, bayarannya sangat cukup untuk pekerjaan yang sudah sangat dipahaminya.

James bersama sahabat sesama bekas prajurit, bertugas menjalani operasi yang terkait peneliti virus influenza. Tantangan dan kesulitan dimulai. Tugas pertama berjalan serba salah. Aroma konspirasi sangat kuat terasa. Pengkhianatan juga tampak makin jelas di matanya.

Menjalani misi rahasia dan berbahaya di luar negeri, James harus menghindari orang-orang yang mencoba membunuhnya, saat kembali menuju ke rumah. James harus berjuang sendiri menggunakan segala keahlian sebagai mantan prajurit.

Kemampuan bertahan hidup, tembak-menembak, kejar-kejaran, adu jotos, peledakan, sampai taktik penyerangan, mendominasi adegan dalam rangkaian cerita yang bisa sangat relevan dalam Pandemi Covid-19. Mulai dari tentang PHK, keterpurukan ekonomi, sampai soal penelitan vaksin. 

Pertanyaan terbesarnya, siapa sesungguhnya atasan James sekarang? Benarkah demi keselamatan negara? Ataukah semata demi harta? Aktor Chris Pine menjawabnya dalam layar lebar sarat action "The Contractor", yang segera hadir di bioskop XXI. (MAR)