Ini Peran USAID di Indonesia 

MUS • Wednesday, 30 Mar 2022 - 16:29 WIB

Jakarta - Acting Mission Director USAID Indonesia, William Slater mengatakan, USAID melihat kemajuan yang bisa dicapai untuk membuat lebih banyak kontribusi dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. USAID bergerak di bidang kesehatan, bidang lingkungan hidup, maupun bekerjasama langsung dengan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS).

Dalam dua dekade terakhir OMS di Indonesia telah berkontribusi dan mengambil manfaat dari pencapaian demokrasi yang sudah dilakukan dan juga ada dukungan kuat untuk otonomi dan demokrasi Indonesia. Tetapi Selama beberapa tahun terakhir OMS terlihat stagnan kegiatannya, banyak OMS yang menghadapi tantangan karena keterbatasan pendanaan, manajemen organisasi kurang efisien semua diperburuk oleh Covid-19.

Kemudian untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, USAID juga memiliki berbagai kegiatan seperti madani berupa inisiatif dukungan untuk OMS, kemudian memiliki USAID club dimana USAID bekerja di tingkat kabupaten, kota, provinsi, dan nasional untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan dan juga pelayanan publik, dan juga memiliki harmoni yang mempromosikan toleransi dan ketangguhan di masyarakat, Banyak kegiatan yang dilakukan USAID, termasuk media, tentang lingkungan yang aktif, terbuka, dan melibatkan OMS.

“Saya merupakan pegawai negeri karena bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat, dimana saya melakukan pekerjaan untuk mewakili masyarakat, seperti yang tertulis dalam slogan di logo kami ‘Dari Rakyat Amerika’ yang mewakili masyarakat dan juga melakukan kegiatan-kegiatan yang mewakili Amerika Serikat,” pungkas William Slater. (Lif)