Dubes AS Sung Yeng Kim Kunjungi Batam dan Natuna untuk Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Keamanan

MUS • Wednesday, 30 Mar 2022 - 16:25 WIB

Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim, mengunjungi Batam dan Natuna, Kepulauan Riau, pada 29 dan 30 Maret 2022. Hal ini dilakukan untuk mempererat hubungan dengan institusi mitra di Indonesia dan menyoroti peluang peningkatan kerja sama bilateral di sektor ekonomi dan keamanan di provinsi tersebut.

Di Batam, Duta Besar Kim bertemu dengan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan perusahaan-perusahaan AS untuk membahas iklim usaha setempat, serta rencana pemerintah AS untuk Misi Pengembangan Bisnis Manufaktur Lanjutan yang dipimpin oleh para eksekutif AS ke Indonesia, Singapura, dan Jepang. 

Duta Besar Kim menyampaikan, ia menghargai dukungan Pemerintah Kepulauan Riau untuk perusahaan AS yang berkontribusi pada ekonomi lokal, serta pembicaraan yang produktif tentang peluang untuk meningkatkan kolaborasi. 

Sebagai salah satu contoh kerja sama keamanan maritim AS-Indonesia yang kuat, Dubes Kim mengunjungi lokasi pusat pelatihan maritim Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia. Pemerintah AS telah berkomitmen untuk menyediakan dana 3,5 dolar AS juta untuk membangun asrama pria dan wanita, dapur, ruang kelas, kantor, serta laboratorium pelatihan penegakan hukum.

Dubes Kim, juga bertemu dengan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali. Laksamana Madya TNI Muhammad Ali memberikan keterangan terkait keputusan TNI Angkatan Laut baru-baru ini, untuk memindahkan markas komando tempur utama ke Natuna, guna merespons ancaman di Laut Natuna dengan lebih baik. 

Di Natuna, Dubes Kim disambut oleh Wakil Bupati Natuna. Dubes Kim berkesempatan untuk mendengar langsung para akademisi terkemuka tentang pandangan mereka terkait pelestarian lingkungan, ekonomi dan keamanan, serta visi mereka untuk wilayah yang strategis ini. (Ris)