PMI Pandeglang Latih 180 Relawan SIBAT Menjadi SBM

MUS • Wednesday, 30 Mar 2022 - 15:38 WIB

Pandeglang - Palang Merah Indonesia (PMI) masih konsisten dalam membantu program pemerintah daerah, seperti yang telah tertuang dalam UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. 

Saat ini PMI Kabupaten Pandeglang kembali melakukan Lokalatih Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM) tingkat desa/kelurahan di Kelurahan Saruni dan Juhut, Rabu, (30/03/2022). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel S'Rizky Pandeglang ini dihadiri oleh PMI Pusat, pengurus serta jajaran Staf PMI Kabupaten Pandeglang, fasilitator dari PMI Provinsi Banten, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pertanian & Peternakan, serta diikuti oleh relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). 

Nandang Kosim, selaku Wakil Ketua dan Herdiansyah, selaku Bendahara PMI Kabupaten Pandeglang saat membuka acara di dua ruang ini menyampaikan bahwa tujuan Lokalatih SBM adalah untuk membantu survailans Pemerintah yang sudah ada. 

"Pembentukan Ssurvailans PMI ini bukan berarti menggantikan fungsi survailans yang sudah ada di setiap kecamatan, justru pembentukan ini berfungsi untuk membantu cakupan dan tetap berkoordinasi serta menyampaikan temuan kepada Survailans yang sudah ada dari pemerintah," ujarnya

Lina Marlina selaku koordinator Program juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan .elalui Program Kesiapsiagaan Pandemi dan Epidemi Kejadian Luar Biasa (KLB) dukungan International Federasi of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) dan USAID melalui PMI Pusat dan PMI Provinsi Banten.

"Sejauh ini PMI Pandeglang sudah melaksanakan pembentukan SBM di Desa Babakan Lor Kecamatan Cikedal, Desa Citeureup Kecamatan Paninbang, Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari, Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung dan hari ini sampai tanggal 1 April 2022 yang dibagi 2 kelas untuk relawan Kelurahan Saruni Kecamatan Majasari dan Kelurahan Juhut Kecamatan Karangtanjung. Setiap Kelurahan/Desa masing-masing 30 orang relawan," jelas Lina. 

Koordinator berharap relawan yang sudah dilatih menjadi survailans dapat secara aktif menemukan kasus penyakit di kelurahan masing-masing yang dapat meluas menyebabkan keparahan, serta tentunya masyarakat yang mengalami gejala penyakit menular tidak ragu untuk langsung melapor kepala relawan di desanya masing-masing agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat. 

Informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke PMI Kabupaten Pandeglang di Jl. Raya Labuan KM.01 Cikupa - Pandeglang, atau menghubungi POSKO Kedaruratan Bencana Alam dan Non Alam PMI Pandeglang di (0253) 5554150