Sambut Pratama Arhan, Dubes Heri Pastikan Peluang Baru Kerja Sama Sepak Bola Indonesia-Jepang

MUS • Friday, 25 Mar 2022 - 22:31 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, klub sepak bola liga 2 Jepang Tokyo Verdy serta pemain sepak bola Indonesia yang direkrut Tokyo Verdy Pratama Arhan menggelar keterangan pers bersama di Wisma Duta, Tokyo pada Jumat, 25 Maret 2022.

Keterangan pers bersama ini dihadiri media Jepang secara luring dan media di Indonesia secara daring. Dari klub Tokyo Verdy hadir CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura dan General Manager Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri.

Dubes Heri menyambut baik bergabungnya Arhan ke Tokyo Verdy dan menyampaikan bahwa keberadaan Arhan di klub liga 2 Jepang itu akan menjadi peluang baru kerja sama erat antara Indonesia dan Jepang.

“Bergabungnya Arhan ke Tokyo Verdy selain membawa harum nama Indonesia tentunya juga menjadi langkah baru kerja sama sepak bola antara Indonesia dan Jepang. KBRI Tokyo siap mendukung dan memfasilitasi kerja sama ini. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap penguatan kualitas sepak bola Indonesia,“ ujar Dubes Heri yang didampingi koordinator Fungsi Ekonomi Rima Cempaka.

“Tokyo Verdy pada pertemuan sebelumnya telah menyampaikan kepada saya bahwa perekrutan Arhan adalah sebuah permulaan dan akan melanjutkan kerja sama pengembangan kapasitas sepak bola tanah air. Termasuk menerima magang dari pemain U-19 atau U-16 di Tokyo Verdy dan kolaborasi dengan klub-klub sepak bola di Indonesia serta ingin melakukan tur pramusim ke Indonesia,“ tambah Dubes Heri. 

Pratama Arhan mengapresiasi kesempatan yang diberikan Tokyo Verdy untuk dirinya bergabung dan dukungan penuh dari KBRI Tokyo. “Saya siap memberikan yang terbaik untuk klub Tokyo Verdy selama saya bergabung. Dan tentunya saya siap membawa harum bangsa Indonesia. Terima kasih atas doa masyarakat Indonesia dan juga dukungan dari KBRI Tokyo,“ kata Pratama Arhan. 

CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura dalam kesempatan itu menyampaikan kesiapan dari Tokyo Verdy dalam pengembangan  kerja sama sepak bola dengan Indonesia.

Usai keterangan pers bersama, acara dilanjutkan dengan resepsi terbatas yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan secara daring. Iriawan berharap direkrutnya Arhan akan membuka jalan kerja sama sepak bola Indonesia-Jepang ke depan. PSSI lanjutnya, siap mendorong pengembangan kerja sama sepak bola dengan Jepang. 

Pratama Arhan dikontrak Tokyo Verdy dari klub PSIS Semarang selama dua musim kompetisi dari tahun 2022 – 2024. Pada turnamen sepak bola AFF ASEAN Cup tahun 2021, Arhan meraih gelar sebagai Best Young Player of the Tournament;. Selama dikontrak Tokyo Verdy, Arhan akan tetap menjadi Brand Ambassador PSIS Semarang. 

Tokyo Verdy adalah klub sepak bola yang memiliki sejarah besar di sepak bola Jepang. Saat ini Tokyo Verdy berada di Divisi 2 Liga Jepang, namun pernah meraih juara umum J-League pada tahun 1993 dan 1994.

Pratama Arhan adalah pemain sepak bola Indonesia kelima yang mendapat kontrak dari klub sepak bola Jepang. Sebelum Arhan, yakni: Ricky Yacobi, direkrut Matsushita Electri pada 1988; Irfan Bachdim, direkrut Ventforet Kofu pada 2012; Stefano Lilipaly, direkrut Consadole Sapporo pada 2014; dan Ryu Nugraha, yang kini masih bermain untuk Nagano Perceiro, divisi 3 Liga Jepang.