HERO Group Peringati International Women’s Day dengan Talkshow #BreakTheBias

ANP • Monday, 21 Mar 2022 - 20:18 WIB

Tangerang Selatan – Bertepatan dengan peringatan International Women’s Day, HERO Group mengadakan Talkshow International Women’s Day #DFIBreakTheBias dengan tema “Unify to Amplify” yang bertujuan untuk mengapresiasi kontribusi perempuan di Indonesia. Acara ini dilatarbelakangi oleh nilai perusahaan, yaitu saling menghargai, saling mendukung dan selalu melakukan hal yang benar. Melalui nilai perusahaan tersebut, HERO Group berkomitmen untuk membuat seluruh karyawan merasa dihargai dan didukung sepenuhnya. 

Talkshow #BreakTheBias menghadirkan narasumber: Karlina Wirian-Customer Insight Director SEA DFI (Dairy Farm International Holdings Limited-DFI Retail Group), Cheryl Gilbert-QCA Expansion & Development IKEA Indonesia, Valencia Mieke Randa-Founder @blood4LifeID, @rumahharapanIndonesia & CEO Valencia Care Foundation. Talkshow diikuti oleh seluruh karyawan dan para pemangku kepentingan dari HERO Group serta disiarkan secara live melalui YouTube Hero For Life. 

Presiden Direktur PT HERO Supermarket, Tbk, Patrik Lindvall, dalam sambutannya mengatakan, “HERO Group sangat menjunjung tinggi nilai saling menghormati dan menghargai perbedaan, termasuk dalam hal kesetaraan gender. Kami percaya bahwa kesetaraan merupakan hak asasi dan oleh karenanya semua memiliki hak yang sama untuk diperlakukan secara adil. Di HERO Group, kami senantiasa mengupayakan kesetaraan gender dan lingkungan kerja yang inklusif, tidak hanya untuk karyawan, tapi juga untuk konsumen dan dalam operasional bisnis.”

Group Counsel & Legal Director HERO Group, Hadrianus Wahyu Trikusumo, sebagai salah satu narasumber talkshow menyampaikan, “HERO Group memaknai International Women Day dengan menyadari peran penting women leadership. Dalam setiap pengambilan keputusan, women leadership memberikan perspektif dan masukan yang sangat signifikan. Ini sangat penting, karena dunia retail sangat dinamis, sehingga masukan dari berbagai sudut pandang akan membantu menghasilkan keputusan yang tepat. Di HERO Group kami sangat mengapresiasi dan mendorong kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Kami menyadari bahwa perempuan bisa menunjukkan performa kerja yang sama baiknya. Sudah banyak contoh women leadership yang bisa kita lihat, seperti pemimpin dunia, pemimpin di tingkat kementerian di negara dan sebagainya. Bagi HERO Group, gender equality is a must have.”

Saat ini HERO Group didukung oleh karyawan-karyawan inspiratif dimana 54% diantaranya merupakan perempuan yang menduduki posisi penting di berbagai bisnis unit, HERO Supermarket, Guardian dan IKEA Indonesia. Beragam posisi strategis diisi oleh para perempuan inspiratif. HERO Group membuka kesempatan yang sama bagi para karyawannya untuk mengembangkan potensi dan jenjang karir di seluruh lingkungan kerja HERO Group. 

Customer Insight Director SEA DFI (Daily Farm International) Karlina Wirian mengatakan, “Dunia retail sangat menantang. Tantangan harus dihadapi setiap hari. Dunia ini juga dianggap sebagai dunia yang didominasi oleh laki-laki. Namun, hal tersebut tidak membuat perempuan menjadi tidak bisa berprestasi. Women leadership is already rising. Meski tidak dipungkiri di beberapa area, laki-laki masih mendominasi, tapi perempuan bisa bersinar dan berada di puncak pimpinan. Terus tingkatkan kemampuan, percaya diri, berani bersuara adalah beberapa tips untuk perempuan Indonesia. Bagi laki-laki, bersimpati dan memberikan dukungan merupakan salah satu upaya mendukung gender equality. Saya bangga HERO Group memiliki value yang mendukung gender equality.”

Support system merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu perempuan berprestasi dan mempersempit bias atau perbedaan gender. HERO Group juga memiliki beragam program pendukung sebagai bentuk pemberdayaan perempuan dalam lingkungan kerja. 

QCA Expansion & Development IKEA Indonesia, Cheryl Gilbert mengatakan, “Dukungan dari lingkungan sekitar tentu berperan penting bagi perempuan. Dalam ranah pekerjaan, dukungan dari tim akan membantu setiap karyawan, perempuan atau laki-laki, memiliki performa kerja yang mumpuni. Contoh dukungan adalah mendengarkan keluhan atau memahami kesulitan yang dihadapi oleh tim. Seorang pemimpin tidak membedakan gender. Penting untuk memiliki toleransi yang sama kepada semua anggota tim. Di IKEA, kami juga menghargai leadership yang konstruktif. Tentu ada banyak perbedaan dari sisi edukasi, sosial, kultural dan sebagainya, tapi semua memiliki kesempatan yang sama. 

Founder @blood4LifeID, @rumahharapanIndonesia & CEO Valencia Care Foundation, Valencia Mieke Randa, membagi pengalamannya di dunia sosial, “Perempuan terbukti memiliki kekuatan yang luar biasa. Di dunia sosial, perempuan dengan kasih sayang yang dimilikinya, bisa membangun dan memimpun yayasan dan tentunya menyebarkan kasih sayang tersebut dalam aktivitas yayasan. Untuk menghindari bias gender, penting untuk selalu menambah pengetahuan, mengasah kemampuan dan memiliki kepercayaan diri yang kuat. Saya mengapresiasi semua pihak yang mengeliminasi bias gender, seperti yang dilakukan oleh HERO Group. Saya berharap semakin banyak perempuan yang berada di puncak pimpinan dan semua bisa saling mendukung untuk mengeliminasi bias gender.”

“Momen International Women Day ini menjadi pengingat bagi semua bahwa mari kita singkirkan jurang perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Mari bersama-sama mendukung kesetaraan dalam berkarir dan fokus dalam pengembangan industri retail di Indonesia. Kami juga berharap seluruh karyawan HERO Group bisa mengembangkan diri secara maksimal dan bangga menjadi bagian dari perusahaan yang menjunjung tinggi kesetaraan gender,” tutupnya. (ANP)