Bangun SDM Kompeten, Kemendikbudristek Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) 2022

AKM • Monday, 21 Mar 2022 - 18:51 WIB

Depok –  Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti menyatakan pihak terus mendorong kokpetensi kepemimpinan strategis diperlukan guna menjamin akuntabilitas jabatan yang diemban para pejabat negara.

Dalam rangka mendorong hal itu, Kemendikbudristek menggelar acara PKN Tingkat II 2022 resmi dimulai sejak 21 Maret hingga 29 Juli mendatang yang digelar secara Hibrida dan dapat dialses melaui youtube resmi Pusdoklat kemendibudristek.

Suharti mengungkapkan bahwa para pemimpin di berbagai organisasi pemerintahan tidak lagi dapat bekerja sendiri-sendiri dengan batasan dinding-dinding penyekat dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi yang dihadapi Indonesia. Kolaborasi untuk menemukan solusi, ditekankan Suharti, penting dilakukan. Ia juga menekankan bahwa penyusunan rencana strategis membutuhkan kemampuan pemimpin yang benar-benar menguasai masalah, perencanaan, dan adaptasi dengan situasi yang makin menantang. 

“PKN II didesain untuk mencetak para pejabat tinggi pratama agar memiliki kemampuan manajerial dan menjunjung tinggi tugas dengan nilai-nilai akuntabilitas. Kali ini kita mengusung tema "Membangun Ekosistem Pendidikan Berkualitas yang Partisipatif dan Kolaboratif”, yang selaras dengan visi Kelompok Kerja Pendidikan atau Education Working Group G20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan tahun ini,” ucap Sesjen Suharti  dalam  acara Pembukaan (PKN) Tingkat II Tahun 2022, Depok (21/3)

Salah satu cita-cita bangsa Indonesia, ungkap Suharti, adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Kita perlu memastikan seluruh warga negara bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Dengan melakukan PKN hari ini diharapkan dapat mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu, mohon para peserta memastikan komitmen dan mengikuti pelatihan dengan konsekuen,” pesan Sesjen Suharti. 

Sesjen Suharti juga berpesan agar para peserta yang berasal dari berbagai lembaga perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan instansi-instansi lainnya agar membuka jejaring dan pertemanan untuk kolaborasi. “Potensi kerja sama Bapak/ Ibu ini luar biasa, saya pastikan itu. Manfaat lain dari PKN adalah pertemanan yang terjalin. Jadi, ikutilah PKN ini dengan baik. Banyak masalah yang dapat kita pecahkan bersama karena berdiskusi dengan teman kita,” tutur Sesjen Suharti yang juga merupakan Alumni PKN sebelumnya. 

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbudristek, Amurwani Dwi Lestariningsih, dalam kesempatan yang sama, mengungkapkan PKN Tingkat II bertujuan mengembangkan kompetensi peserta supaya bisa memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. 

“Kompetensi yang dikembangkan dalam PKN Tingkat II merupakan kompetensi kepemimpinan strategis, yaitu kompetensi manajerial untuk menjamin akuntabilitas jabatan yang meliputi tersusunnya rumusan alternatif kebijakan yang memberikan solusi; tercapainya hasil kerja unit yang selaras dengan tujuan organisasi; terwujudnya pengembangan strategi yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi; dan  terwujudnya kapabilitas pada unit kerja untuk mencapai hasil (outcome) organisasi,” terang Amurwani.

Ditambahkan Amurwani, Pusdiklat merespons isu-isu strategis aktual dalam merumuskan pelatihan. “Khususnya terkait G20, di mana pandemi merupakan momen langka untuk transformasi dunia menjadi lebih baik. Dengan semangat pulih bersama serta berkolaborasi mewujudkan Merdeka Belajar, maka semangat PKN juga mengacu pada hal tersebut,” tutur Amurwani. 

Amuwarni melanjutkan, sub tema yang diusung PKN II adalah peningkatan kualitas pendidikan yang merata pada masa dan pasca COVID 19; Peningkatan kualitas akses pendidikan melalui teknologi digital; peningkatan gotong royong, dan solidaritas untuk mengatasi learning loss; Penyiapan SDM dalam menghadapi perubahan dunia kerja pasca Covid-19; dan pengarusutamaan pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan dalam pendidikan.

Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), Reni Suzana, mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi pelaksanaan PKN. “LAN memberikan kepercayaan kepada instansi pemerintah yang akan menyelenggarakan PKN Tingkat II ini secara tematik. Pusdiklat Kemendikbudristek sudah menunjukkan secara konkret setiap tahun mengangkat tema spesifik yang berkontribusi konkret bagi pemerintah,” tutur Reni yang juga hadir secara langsung. 

“Bapak ibu sangat diharapkan membangun karya-karya strategis untuk memenuhi harapan-harapan masyarakat di dalam ekosistem pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Kami di LAN berharap ada dua hasil besar yang muncul. Pertama, aktualisasi kepemimpinan strategis di instansi-instansi masing dengan terobosan pelayanan publik, dan kedua, menghasilkan policy brief yang sangat konkret dan mudah diambil pengambil kebijakan unutk mendapat pandangan-pandangan dan terobosan-terobosan baru agar dapat semakin mendekatkan pemerintah kepada masyarakat,” tutur Reni. 

Senada dengan Sesjen Suharti, Reni berpesan agar seluruh peserta membangun motivasi dan jejaring kerja guna menghasilkan performa kepemimpinan yang lebih baik. “Bapak dan Ibu mejadi saksi sekaligus pelaku, bagaimana para pegawai di luar sana banyak sekali mengalami kendala akibat pandemi. Maka, mari kita tumbuhkan motivasi untuk menghasilkan terobosan kebijakan dan ide kreatif yang tadinya tidak terpikirkan,” ungkap Reni. 

Narasumber dan fasilitator kegiatan ini berasal dari lingkungan Kemendikbudristek, Lembaga Administrasi Negara, pengajar profesional, dan ahli-ahli lain yang kompeten di bidangnya, antara lain Rhenald Kasali dan Haryono Umar.

Komposisi 60 peserta terdiri atas 45 peserta yang berasal dari lingkungan Kemendikbudristek maupun dari berbagai perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek. Sementara itu, 15 peserta lainnya berasal dari Kepolisian Republik Indonesia (5 orang); Kementerian Pemuda dan Olahraga (2 orang); Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (1 orang); Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi (1 orang); Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil (1 orang); Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat (1 orang); Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin (1 orang); Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus (1 orang); Dinas Pendidikan Kabupaten Tebing Tinggi (1 orang); dan Dinas Pendidikan Kabupaten Paser (1 orang).

Selain itu, dalam kesempatan ini Pakta Integritas Peserta dibacakan oleh satu orang perwakilan peserta diikuti seluruh peserta, untuk menegaskan komitmen mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Penyematan Tanda Peserta secara simbolis dilakukan oleh Sesjen Kemendikbudristek didampingi Sestama LAN kepada dua orang perwakilan peserta. 

Sebagai informasi, Pusdiklat secara rutin menggelar sekitar 45 pelatihan di Kemendikbudristek, mulai dari pelatihan tingkat dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil, Pelatihan Jabatan Fungsional, hingga teknis dan sosiokultural. Berita dan informasi terbaru terkait kegiatan Pusdiklat dapat diakses melalui situs pusdiklat.kemdikbud.go.id, Instagram @pusdiklat_pegawai, laman Facebook Pusdiklat Pegawai, serta kanal YouTube resmi Pusdiklat Kemendikbud RI.