Mandalika Siap Gelar Balapan Internasional Selain MotoGP

MUS • Monday, 21 Mar 2022 - 15:49 WIB

Jakarta - Pereli nasional Rifat Sungkar mengungkapkan kebahagiaannya usai Indonesia kembali menggelar event MotoGP pada kemarin Minggu (20/3/2022) setelah 25 tahun lamanya. 

“Kalau dari pihak saya yaitu Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini adalah kebangkitan dari otomotif Indonesia karena bisa menyelenggarakan event setara kejuaraan dunia,” kata Rifat kepada radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic pagi, Senin (21/3/2022). 

Rifat menyebut hadirnya MotoGP di sirkuit Mandalika membuka peluang Indonesia kedepannya untuk jadi tuan rumah event balap dunia, termasuk F1.

“Sirkuit Mandalika bisa digunakan untuk apapun hanya fitur keselamatannya saja yang perlu dibuat berbeda,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rifat mengatakan sangat bangga memiliki pembalap yang tampil di ajang bergengsi seperti Mario Aji yang turun di kelas Moto3.

“Harapannya kalau sirkuit sudah ada atlet mungkin akan banyak, karena kita dibentuk untuk bukan hanya jadi penonton saja tapi juga jadi pemain dan atlet yang berprestasi,” ujar Rifat. 

Rifat menambahkan secara logistik Indonesia sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi akomodasi sarana penunjangnya. 

“Dengan adanya event MotoGP kita bisa lihat bahwa secara logistik kita sudah mampu, tetapi untuk akomodasi perlu ditingkatkan karena volume masyarakat yang menonton mencapai 3x lipat, dan menariknya gelaran otomotif dunia bukan hanya untuk penonton dan pembalap tapi juga meningkatkan pariwisata kita,” pungkasnya. (Lif)