Sobat Erick Dukung Gagasan Et Pertahankan Nilai Kopi Di Nusantara Untuk Kesejahteraan Petani

ANP • Saturday, 19 Mar 2022 - 15:04 WIB

PALEMBANG - Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang sempat menyejahterakan masayarakat beberapa kawasan di Sumatera Selatan. Namun, adanya pandemi dan beberapa faktor lainnya membuat terjadi perubahan pada hal tersebut. Untuk itu, Relawan Sobat Erick menggelar Kontes Latte Art sejalan dengan program Erick Thohir dalam meningkatkan nilai kopi Indonesia di dalam negeri. Sabtu (19/3).

Sejalan dengan program Menteri BUMN Erick Thohir, Sobat Erick ikut membantu mempertahankan nilai kopi untuk tidak turun khususnya di Palembang, dengan mendukung meningkatkan popularitas Kopi lewat pergelaran kontes ini. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD Sobat Erick Sumatera Selatan Zain Ismed pada saat ditengah kegiatan.

Relawan Sobat Erick Palembang menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju sebagai calon presiden di 2024 mendatang serta membantu masyarakat untuk bangkit dan bertahan di masa pandemi.

Kegiatan Sobat Erick diawali dengan Senam Sehat bersama Komunitas Ibu – ibu Posyandu dan Dasa Wisma Sekarwangi Jl. Tugumulyo Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Senam Sehat ini digelar atas tujuan untuk menjaga imunitas tubuh serta kebugaran masyarakat sekitar, mengingat kondisi Indonesia masih dalam pandemi covid-19.

Dilokasi tersebut juga, Sobat Erick memborong dagangan Pedagang Kaki Lima untuk mendukung pelaku UMKM sekitar untuk dibagikan kepada masayarakat setempat yang melintas Kawasan tersebut. Relawan Sobat Erick berharap dengan diborongnya dagangan tersebut, para pelaku UMKM dapat teringankan bebannya.

“Danganan yang kita borong ini nantinya akan kita bagikan kepada masyakarat yang melintas. Memborong dagangan pedagang kaki lima adalah salah satu simbol dalam mendukung Pak Erick Thohir yang juga sering membantu rakyat kecil seperti ini. Semoga para pedangang dapat terbantu dengan adanya kegiatan kami ini.” ujar Ketua Ismed saat dimintai keterangan.

Lalu, Sobat Erick melanjutkan dengan selebrasi pemenang Kontes Latte Art Sobat Erick di Guns Café. Sebelumnya Sobat Erick menggelar Kontes LatteArt daring lewat platform media sosial Instagram pada tanggal 14 – 17 Maret 2022 dan 3 pemenang terpilih akan diundang ke Guns Café Palembang pada 19 Maret 2022. Kontes itu dijurikan langsung Ketua Zain Ismed yang sekaligus Ketua Dewan Kopi Sumsel dan Iqbal Rudianto Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Sumsel.
Iqbal Rudianto, Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Sumsel mengatakan bahwa kontes pembuatan Latte Art sangat positif dilakukan, karena Palembang adalah salah satu penghasil kopi terbesar. Hal ini menurutnya sejalan dengan apa yang dilakukan Erick Thohir dalam keperbihakkannya terhadap petani dan pengusaha kopi.

Para pemenenag terpilih diberikan hadiah dana tunai langsung di Guns Café yang berlokasi di Jl. Tasik No.6, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

“Suatu kebanggan tersendiri bagi saya bisa menjadi salah – satu pemenang dari kontes yang dibuat oleh Sobat Erick ini, apalagi jurinya juga tidak main – main. Dan Pak Erick juga adalah Menteri yang sedang berupaya mempertahankan ekosistem kopi di Indonesia, saya sagat mengapresiasinya.” kata Pandu Nariyah salah-satu pemenang.

Masih ditempat yang sama, Sobat Erick juga berkesempatan memberikan bantuan fasilitat penunjang belajar berupa smartphone untuk diberikan kepada salah satu mahasiswi berprestasi dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. 
Khairunnisa Ayu Asmara saat menerima mengucapkan terima kasih kepada Sobat Erick terhadap bantuan smartphone yang diterimanya. Sebagai mahasiswi semester II itu, Nissa juga mengaku kagum kepada sosok Erick Thohir yang selalu terus membantu masyarakat lewat programnya di BUMN.

Melanjutkan rangkaian kegiatan, Sobat Erick bersilaturahmi dan bersosialisasi kepada warga para pekerja TPA dan petugas kebersihan di Jl. Sukawinatan, Sukajaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Selain itu, Sobat Erick juga membagikan sejumlah paket sembako kepada  warga tersebut. Rombongan Relawan Sobat Erick disambut dengan senyum hangat warga saat melakukan kunjungan tersebut.

Selanjutnya Rombongan Sobat Erick langsung menuju Dapur Kemas Nyimas salah satu tempat pelaku usaha UMKM pembuat Pempek untuk diberi bantuan berupa dana tunai. Ibu Kemas Nyimas menerima langsung bantuan tersebut di tempat usahanya yang berlokasi di Jl. Gotong Royong III No.67, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Selain menjual Pempek, Ibu Nyimas juga membantu mengajarkan Ibu – ibu sekitar cara membuat Pempek.

“Alhamdulillah. Saya berterima kasih kepada Relawan Sobat Erick atas bantuan untuk mendukung usaha saya pempek Palembang saya ini. Semoga para relawan tetap sehat dalam menjalani menyebar kebaikan positifnya.” Kata Ibu Nyimas.

Diakhir kegiatan, Sobat Erick juga mengunjungi Panti Asuhan Ya Ummi yang berlokasi di Jl. Sukabangun I, Lrg. Sukaindah RT21/03 No. 1102 Kel. Sukabangun Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan, untuk menjalin silaturahmi dengan penghuni panti serta memberikan bantuan sembako. Ibu Martina selaku Pengurus Panti Asuhan Ya Ummi menyambut baik kedatangan para Relawan Sobat Erick dipantinya. (ANP)