Resmikan Kampung Pancasila, Dandim Ponorogo Siap Gaungkan Pancasila Hingga Pelosok 

MUS • Friday, 18 Mar 2022 - 15:39 WIB

Ponorogo - “Brawijaya Merajut Keragaman Dengan Pancasila" , demikian tema Kampung Pancasila yang diresmikan Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, hari ini di Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jumat (18/03/2022).

Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf. Muhammad Radhi Rusin menyampaikan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila. Kampung Pancasila ini merupakan program atau gagasan KASAD sebagai upaya untuk kembali menggaungkan nilai nilai Pancasila hingga pelosok. Program ini menurut Dandim Ponorogo juga sebagai upaya untuk mengelimir paham radikal yang bertentangan dengan Pancasila.

“Pancasila yang memang sudah ada selama ini merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita. Pancasila  adalah ruh kita, jiwa kita yang harus terus kita gaungkan di seluruh pelosok negeri termasuk di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo,“ tegas Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin. 

Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin menyampaikan bahwa selain Desa Nongkodono, Kampung Pancasila juga dibentuk di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Ponorogo.

"Ini kita mulai dari kampung-kampung selanjutnya akan ditularkan ke seluruh kampung Ponorogo, dan seluruh Indonesia,“ lanjut Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin.

Sementara itu Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, sangat mengapresiasi dan menyambut baik program Kasad tersebut.

Dikatakan bahwa dengan diresmikan Kampung Pancasila diharapkan nilai-nilai  yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Wakil Bupati Ponorogo, dan masyarakat  menyambut baik terbentuknya Kampung Pancasila. Dikatakan bahwa dirinya bersama masyarakat Desa Nongkodono sangat berterima kasih dan siap menjadi Kampung Pancasila dengan cara melaksanakan dan menerapkan butir-butir pancasila.

"Mewakili pemerintah dan masyarakat Ponorogo, kami sangat mengapresiasi gagasan Bapak Kasad dalam upaya membumikan kembali Pancasila. Dan kami di Ponorogo akan menerapkan dalam kehidupan masyarakat di wilayah kami," ujar Bu Lies panggilan akrab Wakil Bupati Ponorogo tersebut. (Her)