Harga Bahan Pokok Mahal Jelang Ramadhan, Aleg PKS: Jangan Buat Rakyat Menderita

MUS • Thursday, 17 Mar 2022 - 11:59 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Johan Rosihan, melakukan interupsi di Rapat Paripurna DPR RI ke-17 Masa Persidangan IV Tahun sidang 2021-2022, Rabu (15/03).

Dalam interupsinya, Johan meminta Pemerintah segera menyelesaikan masalah kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan, yang merupakan keluhan dari rakyat yang dikunjunginya saat masa reses.

“Melalui forum ini, saya mendesak Pemerintah agar jangan terlalu asyik dalam memberikan keuntungan bagi oligarki pangan. Saya berharap agar Pimpinan DPR mau dan mampu mengawal ini dengan baik, khususnya memanggil Menteri Perdagangan untuk hadir dalam rapat di DPR. Pemanggilan ini diperlukan agar fluktuasi harga pangan bisa diselesaikan sebelum bulan Ramadhan, jangan biarkan rakyat menderita dan bingung dengan harga yang tidak sesuai dengan harapan dan pengeluaran," ungkap Anggota DPR dari Dapil NTB tersebut.

Selain itu, Johan menjelaskan bahwa di masa reses lalu, ia mendapati adanya tantangan bagi para petani menjelang panen raya di akhir maret terutama padi. Menurut laporan yang diterimanya, masyarakat bingung dan khawatir dengan turunnya harga gabah yang begitu tajam.

Oleh sebab itu, imbuh Johan, perlu ada satu paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait harga gabah sehingga dapat melindungi petani.

“Jangan biarkan rakyat kita menderita, jangan biarkan petani itu bingung dan khawatir karena ketika panen, harga komoditasnya tidak sesuai dengan harapan dan pengeluaran yang mereka keluarkan” tutup anggota Komisi IV dari Fraksi PKS ini.