Healthy Cities Summit 2022 Dinkes Kota Semarang Akan Lakukan Random Sampling Harian

MUS • Tuesday, 15 Mar 2022 - 14:46 WIB

Semarang – Kota Semarang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Healthy Cities Summit 2022 pada tanggal 27-30 Maret 2020 mendatang. Acara ini rencananya akan diikuti ratusan peserta dari seluruh kota di Indonesia , acara ini sendiri akan dilakukan secara hybrid yakni melalui online dan offline.

Pemeritah Kota Semarang pun telah menyiapkan segalanya dengan harapan acara ini berjalan dengan lancer. Salah satunya adalah yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang, dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam ,  pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung terselenggaranya summit ini.

Mengingat perhelatan ini akan mendatangkan banyak orang dari luar Kota Semarang, pihaknya juga telah menyiapkan langkah antisipsi untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang bisa saja datang usai helatan acara akbar ini.

Selain itu Dinas Kesehatan Kota Semarang akan menyiapkan random sampling yang dilakukan bagi panitia dan peserta yang mengikuti acara Healthy Cities Summit 2022 ini.

“Kita akan fasilitasi swab untuk peserta yang datang lalu setiap hari kami siapkan random sampling dan yang bergejala akan kita lakukan swab,” kata Hakam. 

Acara yang digelar secara hybrid juga merupakan salah satu upaya intuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Pasalnya memang tidak semua peserta akan mengikuti acara secara offline dan bertatap muka antara satu peserta dengan peserta lain.

“Persiapan Healthy Cities Summit, kita bersama semua komponen yang ada di Kota Semarang akan bersiap di dua hal yakni bagaimana menekan penularan covid-19 di kota Semarang dengan melakukan random sampling, percepatan vaksinasi, edukasi protokol kesehatan yang kita maksimalkan,” kata Hakam. (Khr)