Kunjungi PIBC, Wapres Cek Ketersediaan dan Harga Beras Jelang Ramadhan

MUS • Monday, 14 Mar 2022 - 12:16 WIB

Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengecek ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) jelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan.

"Saya langsung cek ke lapangan karena di kementerian katanya pasokan cukup, di Bulog juga diberitakan cukup, sekarang kita ke pasar juga pasokan cukup, harga tidak naik bahkan menurut laporan lebih murah pada saat yang sama jelang bulan suci Ramadhan dibanding tahun lalu, artinya aman semua ya," kata Ma'ruf di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Wapres mengecek harga dan ketersediaan beras di beberapa toko di pasar tersebut bersama dengan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto dan Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo. 

"Saya juga membeli beberapa macam beras, ada yang merah. Saya sendiri makan beras merah, sehat, tapi ada juga beras putih saya beli untuk dibagi-bagi," ujar Wapres.

Wapres menyebut tugas pemerintah memang untuk menjaga stabilitas harga pangan.

"Jangan sampai harga naik sehingga memberatkan konsumen, tapi juga jangan terlalu murah karena akan merugikan produsen beras. Jadi ada tugas Bulog untuk menyerap itu, sehingga bisa diantisipasi jadi pada saat yang panen itu Bulog siap membeli sesuai dengan harga yang ditetapkan, itu soal beras," ungkap Wapres.

Sementara itu Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

“PT Food Station selaku pemilik dan pengelola Pasar Induk Beras Cipinang merasa terhormat dengan kehadiran Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungan ini” tuturnya dalam keterangan resminya, Senin 14 Maret 2021. 

Menurutnya harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih stabil. Adapun stock beras terkini di PIBC mencapai 29.000 ton dan yang di PT Food Station Tjipinang Jaya 9.000 ton sehingga total stock mencapai 38.000 ton. 

Pamrihadi menambahkan selama ini Food Station memiliki alarm berupa early warning system terkait ketersediaan stock beras di PIBC.  

“Dengan stock mencapai 38.000 ton baik di PIBC maupun di Food Station, maka saya bisa katakan kondisinya aman dan terkendali menjelang Puasa dan Lebaran” ujar Pamrihadi.