Anggota Komisi IX DPR RI dan BKKBN Beri Semangat Turunkan Angka Stunting di Kota Padang

ANP • Friday, 11 Mar 2022 - 23:17 WIB

PADANG - Anggota Komisi IX DPR RI, H Darul Siska, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar sosialisasi, advokasi dan KIE Program Keluarga Berencana (KB) di Gedung Serbaguna PT Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (10/3/2022).

Dalam acara tersebut Anggota Komisi IX DPR RI, H Darul Siska menyemangati agar para pihak terkait untuk melakukan banyak daya dan upaya, mencapai target penurunan stunting sampai 10 persen di 2024.

“Bagi yang sudah berumur, usahakanlah bagaimana anak kita, cucu maupun anak tetangga atau cucu tetangga tidak lahir stunting,” katanya.

Ia mengatakan, meski tanggung jawab terbesarnya penurunan stunting ada pada kaum ibu, namun semua anggota keluarga juga harus dilibatkan. Dengan adanya kerjasama antar seluruh anggota keluarga, maka anak-anak yang lahir akan berada dalam kondisi sehat dan normal.

“Dharmasraya harus turun menjadi 14 persen pada 2024 bahkan kalau bisa menjadi 10 persen. Kalau tercapai, ibu-ibu kader dan pejabat terkait akan dapat penghargaan dari pemerintah,” tuturnya penuh semangat.

Untuk saat ini, Dharmasraya angka stuntingnya masih 19,5 persen, berada di urutan kelima di Sumbar. Meski begitu, posisi Dharmasraya masih berada di bawah rata-rata yang diinginkan presiden yang ingin 14 persen.

“Tugas kader sangat berat terutama pada catin-catin, buat mereka merencanakan KB lebih awal agar semua menjadi lebih baik lagi. Anak-anak dapat gizi yang cukup sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Sementara Sekertaris Utama BKKBN, di wakili Putut Riyatno, mengatakan stunting itu bisa dilihat dari ukuran tubuh dan tingkat kecerdasannya. stunting tidak bisa diobati hanya bisa dicegah.

“Maka dari itu, ketika mau menikah, pastikan pasangan dalam keadaan sehat, HB-nya harus cukup dan kesehatan lainnya juga menunjang,” katanya.

Hadir Kepala Dinas DP3AP2KB kota Padang Edi Tiawarman,spd dan Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Fatmawati, ST, M.Eng. (ANP)