Dog, Cerita Hangat Dampak Perang Jangka Panjang

MUS • Friday, 11 Mar 2022 - 15:24 WIB

Dampak perang tak main-main. Perang Rusia-Ukraina belum sebulan ini saja, diperkirakan akan mempengaruhi kita di Indonesia. 

Rusia merupakan salah satu produsen utama seperti minyak dan gas. Dengan demikian, ketegangan yang terjadi antara Rusia-Ukraina akan memengaruhi nilai impor gas. 

Sementara Ukraina merupakan salah satu eksportir produk pertanian terbesar di Eropa (terutama untuk gandum, jagung, dan minyak bunga matahari). Dengan begitu, disrupsi dari konflik militer Rusia-Ukraina berpotensi mendorong harga pangan global.

Itu dampak untuk Indonesia, negara jauh yang tak terlibat konflik. Terbayangkah kita bagaimana dampak perang bagi prajurit yang terlibat langsung dalam pertempuran? Cedera fisik tentu tak terelakkan, namun bagaimana dengan luka psikis?

Bekas luka senjata tajam maupun api sudah membekas di seluruh tubuh.
Gangguan pendengaran akibat desingan peluru setiap hari.
Trauma mengerikan menyaksikan korban berjatuhan.
Belum lagi rasa sakit melihat sahabat tewas di medan perang.

Kondisi yang sebagian besar berkaitan dengan gangguan psikologis tersebut, dikisahkan dengan sangat mendalam lewat drama komedi "Dog" yang dibintangi aktor ganteng Channing Tatum. Dengan postur meyakinkan, Tatum memerankan Briggs, prajurit pasukan khusus Army Ranger yang sudah pulang dari perang. 

Briggs ditugaskan misi mulia, mengantarkan Lulu, anjing betina militer berjenis Belgian Malinois, menuju upacara pemakaman tuannya, prajurit yang telah tewas. 

Karena agresif, Lulu tidak bisa menumpang pesawat, melainkan harus diantar di jalan darat menyusuri Pantai Pasifik, dari pangkalan militer di Negara Bagian Washington menuju Arizona, melawati Pesisir Pasifik, termasuk Portland, San Francisco, dan Los Angeles.

Menumpang kendaraan 1984 Ford Bronco, Briggs harus menghadapi Lulu yang galak, dan berupaya semaksimal mungkin agar bisa datang ke acara penting tepat waktu. Apalagi, Lulu adalah sosok penting yang akan menjadi tamu kehormatan di pemakaman nantinya. 

Namun, kebersamaan Briggs dan Lulu tidak berjalan lancar. Dalam perjalanan, berbagai momen lucu, mengharukan, menegangkan terjadi karena Briggs belum bisa mengendalikan Lulu. 

Briggs kewalahan melihat Lulu yang mencabik-cabik jok mobilnya, mengonggong tanpa henti, mengejar apa dan siapa saja yang dulu pernah dikejarnya pada masa perang. Sementara Briggs sendiri memiliki pergumulan sendiri dalam kesendiriannya.

Keduanya, baik Briggs maupun Lulu, mengalami pengalaman buruk pascaperang yang tak mudah disembuhkan. Film "Dog" menyampaikannya secara sederhana, lucu, mengharukan, sesekali membuat sedih, tetapi yang paling dominan adalah gambaran relasi manusia dan sahabat terbaiknya, yang selalu sama menyenangkannya di mana saja, kapan saja. 

Dengan visualisasi pemandangan padang luas di wilayah barat Amerika Serikat, "Dog" asyik disaksikan di bioskop mengikuti pengalaman emosional manusia dan anjingnya. 

Genre: Komedi
Sutradara: Reid Carolin, Channing Tatum
Pemeran: Channing Tatum, Aqueela Zoll, Q’orianka Kilcher
Durasi: 1 jam 40 menit
PH: Metro-Goldwyn-Mayer, FilmNation Entertainment
Segera tayang di bioskop Indonesia.
(MAR)