Ponpes di Pati Dapat Bantuan PLTS , Hemat Biaya Listrik hingga 60 Persen

MUS • Thursday, 10 Mar 2022 - 14:37 WIB

Pati – Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dapat membantu pesantren, untuk menghemat pengeluaran untuk biaya tenaga listrik. Seperti Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azizah, setelah menggunakan PLTS, biaya penggunaan tenaga listrik yang semula Rp 1 juta per bulan, saat ini hanya Rp 400 ribu per bulan atau lebih kurang 60 persen.

Informasi itu diterima Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jateng Alwin Basri, dalam diskusi dengan pihak pesantren setempat di Kabupaten Pati, baru-baru ini.

Menurut Alwin Basri, pihaknya tengah memantau bantuan PLTS ponpes di Jateng. Dari beberapa ponpes yang telah dikunjungi, memang mereka merasa sangat terbantu dengan adanya PLTS seperti di Ponpes Al Azizah di Puryokalangan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati, yang bisa menghemat listrik anggaran listrik hingga 50%.

Pihaknya juga sudah mengecek spesifikasi dan pengerjaannya. Menurut dia, dalam pelaksanaannya, proyek PLTS itu telah dilaksanakan dengan baik. Namun, ada catatan dalam pemasangan peralatan yakni harus benar-benar diletakan pada konstruksi yang bagus.

Ia berharap pembangunan PLTS di ponpes itu mampu meningkatkan upaya dalam program Energi Baru Terbarukan (EBT) di Jateng. PLTS tersebut dipilih bukan tanpa alasan karena hampir seluruh wilayah di Jateng memiliki peluang penyinaran matahari yang berpotensial untuk dimanfaatkan.

Sementara, Kepala Seksi Energi Cabang Dinas ESDM Wilayah Kedung Muria Djati Murdiyanto, menyampaikan bantuan PLTS yang diberikan melalui Dinas ESDM Provinsi Jateng tersebut, berkapasitas 3 KWP. Sedangkan listrik yang ada di daerah sekitar 3.500 VA.

“Secara tidak langsung sudah sangat membantu sekali. Pembayaran listriknya hampir sama dengan ketika diberikan bantuan PLTS itu,” jelasnya. (Khr)