UMB dan Universiti Sain Of Malaysia Kolaborasi Tingkatkan Inovasi dan Digitalisasi UMKM di Era Globalisasi

ANP • Tuesday, 8 Mar 2022 - 16:10 WIB

JAKARTA - S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana (UMB) berkolaborasi dengan School of Management dan School of Business Universiti  Sains of Malaysia. Kerjasama yang bertema Accounting,Innovation and Digitalization SMES toward Sustainability dalam rangka kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  .
Sasaran dari kegiatan ini adalah beberapa UMKM diberbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya diantaranya UMKM dari Meruya Utara , Meruya Selatan dan UMKM dari Kranggan. 
Dalam pelaksanaannya kegiatan yang dihadiri sekitar 100 orang peserta ini dibuka oleh sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Dr. Erna Sofriana Imaningsih , M.Si. Dalam sambutannya ibu Dekan menyatakan bahwa pentingnya peningkatan UMKM di era digitalisasi  dengan berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan dan keberlanjutan usaha UMKM tersebut .
Selain Dekan , kegiatan in juga menghadirkan keynote speaker dari  Universiti  Sains of Malaysia Assoc. Prof Dr.  Hasliza binti Abdul Halim yang pada kesempatan itu menjelaskan tentang peran UKM pada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Malaysia, diantaranya keberlangsungan dan pertumbuhan UKM memiliki dampak yang besar terhadap bangsa , 98% UKM berorientasi bisnis perusahaan dan menyediakan 66,2% lapangan pekerjaan dari total lapangan kerja di tahun 2018. Sedangkan dampak Covid 19 di Indonesia terhadap keberlangsungan UMKM diantaranya adalah : UMKM yang beroperasi sebelum pandemic tidak akan sama lagi setelah pandemic dan akan menghadapi tantangan bisnis  di new normal walaupun ada stimulus keuangan.
Sesuai dengan tema , hampir seluruh materi yang dibawakan oleh 6 narasumber dosen UMB membahas materi yang berkaitan dengan inovasi dan digitalisasi untuk UMKM diantaranya Promoting Digital and Innovative Finance for SMEs , The Importance of Family business Financial Management in the Digital Era. Sedangkan dari sisi pajak untuk UMKM ada Pelatihan tentang Laporan Keuangan dan Aspek Perpajakan untuk UMKM, Training Tax Knowledge and incentive tax when pandemic Covid 19, Perhitugan titik impas (BEP) Penjualan produk UMKM serta Pengetahuan dalam penentuan harga pokok penjualan dan harga jual yang tepat untuk produk UMKM sebagai upaya keberlangsungan bisnis.
Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  ini di isi oleh 6 narasumber yaitu : Marsyaf Samsuri, Ak, M.Si, Dr. Nengzih , M.Si , Ak, Dr. Siti Choiriah, SE,MM, Dr. Lin Oktris M.Si, Dr. Hadri Mulya, M.Si, dan Taufik Akbar ,SE, M.Si dan dibantu Ketua Kelompok Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Nurul Hidayah SE, M.Si. 
Kegiatan Pengabdian  Kepada Masyarakat kali ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu mengajak UMKM untuk terus meningkatkan  kreasi dan inovasi menghadapi  era digital dengan memanfaatkan sisi positif dari teknologi  guna peningkatan dan keberlangsungan usahanya.
Selain itu peserta diajak untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dengan meningkatkan kreasi dan inovasi guna meningkatkan dan mengasah jiwa entrepreneur untuk mewujudkan peluang usaha  dan  menciptakan  lapangan pekerjaan di era digital saat ini . (ANP)