Gairahkan Pariwisata, Astindo Gelar Hybrid Travel Fair 2022

ANP • Tuesday, 1 Mar 2022 - 10:55 WIB

JAKARTA - Seiring dengan misi untuk me-reaktivasi industri pariwisata sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional, ASTINDO-Asosiasi Travel Agent Indonesia akan menggelar  ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 pada tanggal 3-6 Maret 2022, bertempat di Atrium Utama Pusat Perbelanjaan PIK Avenue Jakarta Utara.

ASTINDO secara rutin menyelenggarakan ASTINDO Travel Fair sejak tahun 2011-2020, serta ASTINDO Virtual Travel Fair 2021, dengan tujuan untuk membantu anggotanya para travel agent di seluruh Indonesia agar dapat berpromosi kepada masyarakat dengan harga terjangkau.     

ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 digelar di pusat perbelanjaan dengan skala lebih kecil, selain lebih mudah diakses oleh masyarakat, ASTINDO pun berkolaborasi dengan Mall PIK Avenue sehingga harga sewa lahan pun tidak terlalu memberatkan anggotanya para travel agent yang selama ini sudah merugi.  Mengacu kepada instruksi Pemerintah RI, agar masyarakat diminta tetap patuh pada protokol kesehatan, tetapi tetap harus dapat mendinamiskan roda perekonomian, Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno yang baru saja terpilih menjadi President FATA – Federation of ASEAN Travel Association, memberanikan diri untuk menggelar travel fair walaupun di saat PPKM.

“Travel agent sudah 2 tahun menderita, dengan semakin meratanya vaksinasi di Indonesia, dan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestic maupun internasional, kami berpendapat ini saat yang tepat untuk mulai menggelar barang dagangan kami dan berjualan lagi. Harapannya tentu saja agar travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi tahun lalu di mana terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2021 – November 2021,” ujar Pauline.    

Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, Anton Sumarli menyampaikan acara ini akan dilaksanakan secara offline dan online, sehingga para pengunjung selain berkunjung ke Mall PIK Avenue, juga dapat melihat showcase travel fair melalui website www.astindovirtualtravelfair.com, serta berinteraksi secara langsung dengan travel assistant dari para travel agent.  

Turut berpartisipasi dalam acara ini selain 15 Travel Agent, ada 4 desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata 2021, 13 maskapai penerbangan domestic dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines,  Nam Air, Qatar Airlines, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, Super Air jet. Tak ketinggalan badan promosi pariwisata luar negeri pun turut hadir memeriahkan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, yaitu Tourism Australia yang menjadi preferred destination, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Singapore Tourism Board dan Tourism Malaysia.    Penyelenggaraan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 didukung oleh Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. 

Selain itu, ASTINDO juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link, serta potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Setiap transaksi tiket selama pameran pun akan mendapatkan free travel insurance dari BCA Insurance. Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology turut berperan dalam menyediakan platform reservasi serta display bagi pengunjung virtual.

“Diharapkan  dalam  periode  4  (empat)  hari  ASTINDO  Travel  Fair  2022  ini,  dapat  dihadiri  oleh  lebih  dari 10.000  pengunjung  langsung,  selain  juga  dihadiri  secara  online  dari  berbagai  penjuru  Indonesia.  Selain itu,  dalam  rangka  mendukung  program  pemerintah  yang  d alam  hal  ini  adalah  Kementerian  Pariwisata dan  Ekonomi  Kreatif, tujuan  ke  5  (lima) ASTINDO  akan  mensubsidi  harga  Paket  Wisata  Domestic Destinasi  Super  Prioritas  (DSP) .  Sehingga  paket,  khususnya  untuk paket  wisata  ke  5  DSP  tersebut akan  lebih  terjangkau,”  tambah  Anton.

 “ASTINDO  tentunya  berharap  travel  fair  kami  menjadi  salah  satu  pemicu  semangat  bagi  temanteman travel  agent.  Kami  secara  konsisten  sejak  pandemi  terus  berupaya  mengadakan  aktivitas  untuk  para anggota,  dari  mulai  training,  webinar,  talk  show ,  travel  mart,  travel  fair,  dsb.  Tentunya  dengan  tujuan agar  anggota  kita  dapat  mengembangkan  bisnis  travel  agent  pada  khususnya,  dan  berperan  aktif  dalam pengembangan  industri  pariwisata  Indonesia  pada  umumnya,”tutup  Pauline. (ANP)