Pergelaran Wayang Kulit Virtual Berbahasa Jepang “Bimo Bumbu” Meriahkan Indonesia Friendship Day 2022 di Osaka

MUS • Sunday, 27 Feb 2022 - 14:29 WIB

Osaka - Sebanyak 350 penonton daring menyambut antusias pergelaran Wayang Kulit Virtual berbahasa Jepang dengan lakon Bimo Bumbu yang dibawakan oleh Ki Dalang Rofit Ibrahim bersama Grup Hannajoss pada Sabtu, 26 Februari 2022 di Osaka, Jepang. 

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Tri Purnajaya dalam sambutannya mengatakan Pergelaran Wayang Kulit ini merupakan bagian dari kegiatan promosi dan pelayanan terpadu “Indonesia Friendship Day” (IFD) 2022 atas kerja sama  KBRI Tokyo dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka. 

"Grup Hannajoss pimpinan Ki Dalang Rofit Ibrahim telah berkontribusi secara aktif untuk memajukan seni dan budaya Indonesia di Jepang dan telah bermitra dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka dalam banyak kesempatan. Saya yakin, pergelaran Wayang Kulit ini tidak hanya  menunjukkan kekayaan  keragaman seni dan budaya Indonesia tetapi juga semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang," ujar KUAI Tri Purnajaya yang didampingi Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie.

Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Osaka Diana ES Sutikno menjelaskan hingga kini sudah ada 17 kelompok seni Indonesia di wilayah kerja KJRI Osaka yaitu Kansai, Shikoku dan Chugoku.

"Wayang kulit menjadi ruang kebebasan berekspresi dalam menjawab permasalahan dan tantangan saat ini. Ini bukan pertama kalinya kami berkolaborasi dengan Grup Hanajoss seperti halnya kelompok seni Indonesia lainnya di Jepang khususnya wilayah Osaka. Sebagian besar anggota kelompok tersebut adalah orang Jepang yang memiliki ketertarikan terhadap Indonesia. Ini menunjukkan orang-orang kita memiliki banyak kesamaan minat yang dapat dibagi dengan masyarakat Jepang. Hanajoss serta kelompok lainnya tetap menghidupkan pertunjukan budaya Indonesia di masa pandemi ini dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Konjen RI Diana ES Sutikno yang didampingi Konsul Pensosbud Bambang Setyobudhi, dan Konsul Protkons Sri Mulatsih.

Sebelum dimulainya Pergelaran Wayang Kulit, Grup Hannajoss menampilkan Tari Jathilan atau kuda lumping yang merupakan tarian tradisional  Ponorogo, Jawa Timur. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan Tari Topeng Kelana dari PPI Osaka.

Lakon Bimo Bumbu ini mengisahkan upaya Bima, salah satu tokoh Pandawa Lima,  mengalahkan raksasa Prabu Boko yang gemar memakan manusia. Demi memudahkan misinya, tubuh Bima dibaluri masakan tradisional Bothok untuk mengecoh raksasa itu. Kisah Bimo Bumbu merupakan salah satu bagian dari kisah pewayangan Mahabarata. 
Pergelaran Wayang Kulit Virtual berbahasa Jepang ini tampil secara Live melalui Zoom, Youtube KJRI Osaka dan Instagram KBRI Tokyo.