Ini Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree

ANP • Thursday, 24 Feb 2022 - 10:41 WIB

JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi, alat untuk mendengarkan musik pun semakin beragam, mulai dari headphone, headset, earphone, dan handsfree. Sekilas keempatnya memiliki fungsi yang sama, tetapi sebenarnya ada banyak perbedaan dari alat-alat tersebut. 

Agar tidak salah pilih dan lebih nyaman saat mendengarkan musik, simak beberapa perbedaan dari keempat alat tersebut berikut ini.

  1. Headphone

Headphone adalah aksesori yang berfungsi untuk mendengarkan audio tanpa adanya microphone. Jadi, kamu tidak dapat menggunakannya untuk berkomunikasi. Bentuk alat audio satu ini biasanya dilengkapi dengan bantalan penutup telinga yang cukup besar. Hal ini bertujuan agar suara yang dihasilkan memiliki kualitas jernih dan dapat meminimalisir gangguan suara lainnya dari luar. Jadinya, kamu bisa mendengarkan musik dengan lebih nyaman.

  1.  Headset

Banyak orang yang sering salah menganggap bahwa headphone dan headset itu merupakan alat yang sama. Sekilas, bentuknya memang mirip, tapi headset punya fitur yang lebih lengkap.

Biasanya, headset memiliki microphone yang berfungsi untuk berkomunikasi. Suara yang dihasilkan headset pun tidak sejernih saat memakai headphone karena alat ini berusaha mengoptimalkan input dan output audio.

Umumnya, pemain game online lebih sering memakai alat ini karena bisa membuat mereka mendengarkan suara musik game, sekaligus berkomunikasi dengan para pemain lainnya.

  1. Earphone

Earphone merupakan versi ringkas dari headphone. Alat satu ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan didesain dengan konsep speaker in-ear. Desainnya yang simpel dan ringan, menjadi pilihan utama banyak orang untuk mendengarkan lagu sambil beraktivitas. Sayangnya, earphone tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi karena tidak memiliki microphone.

 

  1. Handsfree

Yang terakhir adalah handsfree, beberapa fitur tambahan lebih lengkap dari alat sebelumnya, seperti tombol volume, untuk mengganti lagu, serta buat mengangkat atau mematikan panggilan telepon.

Fitur  ini bertujuan untuk membantu pengguna yang sibuk beraktivitas dan tidak mau ribet membuka pengaturan di smartphone. Handsfree juga tersedia dalam bentuk kabel dan nirkabel via Bluetooth.

Nah, itu dia perbedaan dari headphone, headset, earphone, dan handsfree yang perlu kamu ketahui. Nah, kamu dapat menemukan berbagai perlengkapan audio dan berbagai aksesori cantik dari Ataru hanya di Ruparupa.

Selain itu, situs ini juga menjual berbagai perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, hingga Krisbow. Dapatkan berbagai promo menarik di sini. Yuk, belanja sekarang dan jangan sampai kehabisan! (ANP)