Bagaimana Relasi Batman dan Polisi Jim Gordon di The Batman?

MUS • Thursday, 24 Feb 2022 - 08:03 WIB

Jakarta - Batman biasanya digambarkan sangat dekat dengan Alfred sebagai pengasuh sekaligus partner kerjanya. Dalam "The Batman" karakter penegak hukum yang sudah sangat dikenal oleh fans, Jim Gordon, turut ditampilkan.

Keputusasaan, karakter yang terisolasi, dan sama-sama kehilangan kepercayaan, merupakan inti relasi Batman dan perwira Departemen Kepolisian Kota Gotham Jim Gordon.

Pernyataan itu disampaikan aktor Jeffrey Wright yang berperan sebagai Letnan James Gordon alias Jim Gordon, saat The Batman Global Press Conference, Jumat (18/2/2022), yang juga diikuti mnctrijaya.com. 

"Bagi Gordon, dia merasa sudah kehabisan kemanfaatan. Bagi Batman, ada inti karakternya yang kita tahu, bahwa di terhormat. Memang dalam masalah, tetapi ada yang terhormat di sana," ujar Jeffrey. 

Sebagai pemeran, Jeffrey berpendapat mungkin saja ada perasaan terdampar dalam isi hati polisi Jim Gordon, namun, ada sesuatu yang bermanfaat dari Batman. 

"Saya juga tidak yakin, karena masih dalam tahap awal relasi mereka, tetapi ketika sangat sedikit 'tools' dan 'partners' yang bisa dipercaya, memang terkesan keputusasaan, tetapi ya bolehlah menerima Batman," jelas aktor “No Time to Die" tersebut. 

Menurutnya, hal hebat dari relasi Batman dan Gordon, saat memperkenalkannya kepada penonton, adalah tidak adanya asumsi. "Kami (tim "The Batman", RED) tidak berasumsi. Matt (Sutradara Matt Reeves, RED) tidak membuat asumsi soal level kepercayaan, tentang apa sebenarnya Batman," kata Jeffrey. 

Dalam banyak film sebelumnya, Batman memang heroik, kuat, tetapi dalam "The Batman" kami mengenalkannya secara berbeda.

"Dalam adegan awal yang juga telah dirilis melalui trailer, Batman berjalan di antara polisi di TKP. Itulah kerennya. Ada pertanyaan dalam Gordon, siapa sih Batman ini," ungkap Jeffrey. 

Pertanyaan untuk penonton, yang juga dipertanyakan polisi Kota Gotham tentang keanehan sekaligus kesempatan. Resiko itulah yang diambil Gordon, karena memang juga membutuhkan Batman. 

"Tetapi saya pikir relasi mereka masihlah dalam tahap awal, dan masih bisa berkembang, kita akan lihat," tutup Jeffrey. 

Batman yang diperankan Robert Pattinson, beserta Selina Kyle alias Catwoman (Zoë Kravitz), Alfred (Andy Serkis), Lt. James Gordon (Jeffrey Wright), Oz aka The Penguin (Colin Farrell), Carmine Falcone (John Turturro), dan Edward Nashton/aka The Riddler (Paul Dano), dalam arahan sutradara Matt Reeves " The Batman" akan tayang di bioskop Indonesia mulai 2 Maret 2022. (MAR)