LATERIO – BRIN, Infrastruktur Strategis Riset Kelautan Modern

FAZ • Monday, 21 Feb 2022 - 22:10 WIB

Jakarta - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berkomitmen membangun ekosistem riset nasional yang didukung oleh SDM unggul, infrastruktur riset terbuka dan pendanaan riset yang kompetitif.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, menuturkan terkait infrastruktur riset, BRIN  mengusung kebijakan open laboratory agar investasi yang kita lakukan membawa manfaat seluas luasnya bagi para periset, akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia secara berkelanjutan.

”Investasi tersebut ditujukan untuk mendorong kolaborasi dan hasil-hasil riset kelas dunia di bidang kelautan,” tutur Handoko dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (21/2/2022).

Dikatakan Handoko, salah satu platform riset global yang dicanangkan oleh BRIN adalah digital green dan blue economy, di mana riset ilmu kelautan melalui pengungkapan keanekaragaman hayati dan perubahan iklim memegang peran penting bagi negara kepulauan Republik Indonesia.

“Sebagai open laboratory untuk mendukung riset kolaboratif di Indonesia dan regional, fasilitas BRIN tersebut terbuka bagi para periset, akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Gedung LATERIO dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium Instrumentasi Terpadu dan empat belas laboratorium preparasi untuk mendukung berbagai disiplin dalam ilmu kelautan.

“Laboratorium Instrumentasi Terpadu disiapkan sebagai hub atau pusat bagi platform E-layanan Sains ( ELSA) BRIN di Kawasan Ancol,” sebut Handoko. 

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian BRIN, Ocky Karna Radjasa, bahwa pembangunan Gedung LATERIO selesai pada 2020-2021 disiapkan sebagai regional hub untuk riset kelautan dan sebagai walidata nasional untuk ekosistem terumbu karang dan lamun.

“Sebagai walidata nasional dengan berbagai instrumen analisis laboratorium yang rutin digunakan oleh para periset lintas disiplin dalam ilmu kelautan,”tuturnya.

Menurut Ocky, yang menjadi perhatian saat ini, telah terpasang alat automated digital microscope yang pertama di BRIN.

“Mikroskop lainnya seperti trinocular stereo microscopetrinocular compound microscope with phase contrast, dan fluorescence microscope, serta instrumentasi fluorescence imaging system untuk mendukung berbagai penemuan keragaman hayati laut Indonesia,” ungkap Ocky.

Selain itu, LATERIO dilengkapi dengan instrumentasi inductively coupled plasma – optical emission spectrometermercury analyzergraphite furnace atomic absorption spectrometerFourier transform infrared spectrometer, gas chromatography–mass spectrometryautoanalyzer dan microbalance. Dan instalasi berbagai instrumentasi laboratorium lainnya (raman spectrometer, scanning electron microscope, total organic content analyzer, particle size analyzer, colony counter, microplate spectrophotometer, accelerated solvent extractor).