Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup, GTSI Jalin Kerja Sama dengan Pemda Kabupaten Pohuwato, Gorontalo

ANP • Monday, 21 Feb 2022 - 18:23 WIB

Jakarta - Peduli terhadap lingkungan, PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) dukung helatan akbar Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang mengusung tema “Gerebek Sampah dan Gebyar PAKSATKO Pohuwato” hari ini, 21 Februari 2022. Aksi yang digelar untuk masyarakat Pohuwato sekitarnya ini dimulai dengan senam sehat di GOR Pohuwato, dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon di Blok Plan Marisa serta rangkaian acara lainnya. 

Permasalahan lingkungan menjadi sebuah persoalan yang sangat penting untuk terus dibicarakan agar mendapatkan penyelesaian terbaik, permasalahan lingkungan dapat mempengaruhi kualitas lingkungan yang secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas hidup manusia di masa sekarang dan masa depan. Sebagai permasalahan lingkungan yang serius dan multidimensional, maka persoalan terkait pemeliharaan lingkungan merupakan tanggung jawab dan perlu keterlibatan dari berbagai pihak antara lain, pemerintah, masyarakat, pelaku bisnis, bahkan akademisi.

“Paling menarik adalah aksi sampah tukar sembako (PAKSATKO) dan yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian penghargaan kepada petugas kebersihan setempat. Kami senang dapat diberikan kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan ini. GTSI akan terus aktif dalam melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Mengambil momentum Hari Peduli Sampah Nasional serta Hari Ulang Tahun Kabupaten Pohuwato ke-19, kami berkomitmen mendukung pemeliharaan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup,” kata Dandun Widodo, Direktur GTSI.

Menurut Ketua Pelaksana Acara, Bapak Arman Mohamad, Pakai Sampah Tukar Sembako (Pak Satko) ini merupakan Program Inovasi sekaligus unggulan untuk mendukung Program Nasional Adipura yang pernah diraih Oleh Kabupaten Pohuwato. “Pada moment Hari Peduli Sampah Nasional ini kami ingin mensosialisasikan pentingnya pengelolaan sampah berbasis 3R untuk minimalisir dampak perubahan iklim dari sektor sampah. Tentunya pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan GTSI dan SRGS yang bersedia menjadi sponsor utama disamping bantuan pelaku usaha lainnya.” Ujar Arman.

“Selain berkontribusi pada kegiatan ini, GTSI ke depan akan berkontribusi mengambil peran dalam mengatasi dampak perubahan iklim,” kata Dandun. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 bertema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim” bekerja sama dengan DLH Pohuwato yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Pohuwato ke-19 bertema sinergis yakni “Pohuwato Sehat, Ekonomi Bergeliat” merupakan momen penting yang senada dengan semangat GTSI terhadap pemeliharaan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan hidup Pohuwato, Bapak Sumitro Monoarfa menjelaskan, “Dalam melakukan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Pohuwato, tentu kami Pemda, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, sangat membutuhkan dukungan dari para pelaku usaha dan kegiatan. Dengan adanya dukungan pelaku usaha terhadap program pemerintah, merupakan nilai tambah atau prestasi perusahaan sehingga dapat dengan mudah, lancar, sukses, dalam berinvestasi dan berusaha di daerah ini selama mungkin”

Pada akhir Januari 2022 lalu, GTSI melalui salah satu anak usahanya PT Sulawesi Regas Satu (SRGS) berhasil mengkonversi LNG yang didistribusikan melalui pengapalan TRIPUTRA, salah satu kapal milik GTSI. Regasifikasi yang dilakukan FSRU Sulawesi milik SRGS untuk pembangkit di Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Maleo yang menghasilkan listrik 100MW untuk wilayah Gorontalo.

Pada seremoni, Bapak Cahyo Marta Khusuma, Pjs. Site Manager Sulawesi Regas Satu yang turut hadir menyampaikan, “Pohuwato menjadi keluarga dari GTSI, terlebih dengan diterimanya kami melalui keberadaan FSRU Sulawesi dan pengapalan TRIPUTRA di PLTG Maleo. Kami juga memiliki kesamaan tujuan dengan Bupati Pohuwato bersama DLH bahwa pemeliharaan lingkungan harus dilakukan secara holistik. PAKSATKO dan Penanaman Pohon ini tentu sangat menarik juga semoga sepedanya semakin menyemangati masyarakat untuk gowes sehat.”

Hal ini senada dengan harapan dari Bupati Pohuwato, Bapak Saiful A. Mbuinga “Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada GTSI dan SRGS karena telah menjadi sponsor utama, serta bantuan lainnya yang sangat bermanfaat dan mensukseskan acara hari peduli sampah nasional ini. Harapan saya untuk selanjutnya tetap memberi dukungan pada program pemerintah tidak hanya pada sektor lingkungan hidup saja. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam penyediaan energi di Kabupaten Pohuwato, harapan saya pasokan listrik secara terus menerus tersedia dan menjangkau sampai dengan pelosok desa di Kabupaten Pohuwato.

GTSI memiliki serta mengoperasikan kapal LNG yang berkinerja baik, aman dan selamat untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Kapal LNG milik GTSI diawaki oleh anak bangsa Indonesia yang berpengalaman, berkompeten dan memenuhi standar pelayaran internasional. Semangat menyediakan energi terbaik untuk bangsa dari anak bangsa menjadi tujuan  GTSI dalam setiap operasi bisnisnya. (ANP)