UMB Bekerja Sama Dengan Universiti Sains Malaysia dalam kegiatan PKM Enhancing Accounting Knowledge and Creativity For SMEs

ANP • Monday, 21 Feb 2022 - 15:04 WIB

JAKARTA - Jumat, 18 Februari 2022 pukul 08.00 sd selesai Program Studi S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana (UMB) bekerja sama dengan School of Management Universiti Sains Malaysia melaksanakan rangkaian kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara paralel terbagi dalam 2 break room dengan tema “Enhancing Accounting Knowledge and Creativity For SMEs”. 

Sasaran dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan untuk para pelaku bisnis Wirausaha Wanita Rabhitah Alawiyah yang tergabung dalam organisasi WITA.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang dihadiri oleh hampir 100 peserta ini, dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Dr. Erna Sofriana Imaningsih, M.Si., Kepala Biro Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Universitas Mercu Buana Dr. Ir. Sawarni Hasibuan, MT. dan Ketua Bidang Kesejahteraan Keluarga dan Pemberdayaan Perempuan (KKPP) Rabithah Alawiyah Aisyah Assegaf, SE. dan Ketua Umum Wirausaha Wanita Rabithah Alawiyah (WITA) Lidya Assegaf, SE. Hadir dalam acara tersebut ketua KKRPPM Akuntansi Dr Nurul Hidayah,M.Si,Ak dan Bapak/Ibu dosen sebagai narasumber serta UMKM yang tergabung dalam WITA.

Disampaikan oleh Ketua Umum WITA bahwa WITA adalah wadah bagi wirausaha wanita, mendukung kekuatan UMKM wanita berbasis syariah sudah memiliki anggota yang berada di hampir seluruh Indonesia. WITA memiliki program KELAS WITA untuk pelatihan di bidang kewirausaan, mulai dari manajemen, akuntansi, pemasaran, perizinan dan lain - lain  serta pelatihan Dapur WITA, yang memiliki konsep merubah dapur rumah tangga menjadi dapur produktif. Dalam menjalankan programnya WITA senantiasa bersinergi dgn berbagai pihak termasuk Universitas Mercu Buana.

Kegiatan ini turut menghadirkan keynote speaker dari Universiti Sains Malaysia, Prof. Dr. Noor Hazlina Ahmad. Dalam kesempatan tersebut Prof. Noor Hazlina Ahmad menjelaskan Strategi Inovasi pada UMKM. Strategi Inovasi yang terdiri dari Create Superior Business Growth, Reduce Costs, Eliminate Competition,Create Entirely New Markets, dan Enhance Competitive Edge disampaikan secara rinci dan menjadi menarik untuk di simak, pada kesempatan tersebut dibahas pertanyaan peserta terkait minat dan niat yang harus di tumbuhkan pada diri pelaku bisnis UMKM untuk melakukan inovasi. Prof. Dr. Hasliza binti Abdul Halim dari USM juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Sesuai dengan tema, materi yang dibawakan oleh 8 narasumber dosen UMB terbagi pada 2 break room. Pada break room 1 yang keseluruhan berkaitan dengan pengetahuan akuntansi dari mulai ide membuat produk yang dapat menciptakan pendapatan oleh Dr Yudhi Herliansyah, SE,Ak., M.Si, dilanjutkan bagaimana strategi dalam penentuan harga melalui pengetahuan tentang harga pokok produksi, harga pokok penjualan dan penetapan harga disampaikan H Sabarudin Muslim,SE,M.Si. Pemaparan dilanjutkan dengan materi bagaimana memprediksi laba dan menghitung BEP oleh Jemmi Sutiono, SE,Ak, M.Si, CA dan penggunaan digital smartphone sebagai alat dalam melakukan pencatatan yang sederhana melalui aplikasi handphone yang di bahas oleh Dr Nurul Hidayah, M.Si,Ak. Sedangkan pada break room 2 peserta mendapatkan pengetahuan terkait penggunaan excel untuk pencatatan akuntansi dalam pengelolaan bisnis UMKM oleh Drs. Suharmadi, AK., MSi., CA, pengelolaan dan inovasi produk UMKM oleh Dr.Heliantono,M.Ak, CPA, kreatifitas UMKM disampaikan oleh Diaz Priantara,M.Si,Ak,  diakhiri dengan materi pengenalan BMT sebagai akses permodalan UMKM wirausaha wanita oleh Safira, SE. Ak., M.Si.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini memiliki daya tarik tersendiri karena materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan ilmu dari pelaku bisnis UMKM wanita yang sangat memerlukan edukasi untuk pengelolaan bisnisnya karena kurangnya pengetahuan terutama pada bidang akuntansinya sehingga banyak pertanyaan yang diajukan selama kegiatan berlangsung. Selain peserta diajak untuk meningkatkan mutu pengelolaan bisnisnya juga mendukung upaya pemerintah untuk ekonomi nasional dan perpajakan dari sektor UMKM. (ANP)