GKR Hemas Lakukan Prosesi Ngiling Toya Kendhi Dalam Rangkaian Sedekah Bumi

MUS • Monday, 21 Feb 2022 - 12:01 WIB

Jogja - Gusti Kanjeng Ratu Hemas selaku anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja reses ke sendang Sombomerti, Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Disamping menampung aspirasi masyarakat, pada acara tersebut juga diadakan kegiatan sedekah bumi.

Kunjungan diawali dengan meninjau sendang Sombomerti oleh GKR Hemas didampingi Wakil Bupati Sleman beserta seluruh tamu undangan. Lalu dilanjutkan dengan prosesi 'ngiling toya kendhi' atau penuangan air ke dalam sendang oleh GKR Hemas sebagai rangkaian sedekah bumi. 

Selanjutnya, GKR Hemas dan Wakil Bupati Sleman juga melakukan penanaman bibit pohon gaharu di lokasi tersebut. GKR Hemas juga berkesempatan meninjau produk UMKM dari masyarakat Kalurahan Maguwoharjo yang dipamerkan di tempat tersebut.

Setelah kegiatan sedekah bumi selesai, lalu dilanjutkan dengan acara inti, yakni diskusi dalam rangka menampung aspirasi masyarakat. Pada kesempatan tersebut, GKR Hemas mengapresiasi masyarakat setempat yang telah dapat mengelola sendang Sombomerti dengan baik. 

Namun, guna mengembangkan kegiatan pariwisata di tempat tersebut, menurutnya ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan.

"Jogja sebagai kota pelajar, tentunya disini bisa dikembangkan wisata edukasi," ujarnya.

Diantara yang bisa dikembangkan di Sendang Sombomerti, lanjutnya, yakni wisata edukasi terkait
pemanfaatan air dan budidaya ikan, baik ikan untuk konsumsi atau pun ikan hias. Selain itu, menurutnya juga dapat diberikan edukasi lainnya seperti pelestarian alam dan edukasi sejarah. 

Sementara Danang Maharsa menyampaikan terima kasih karena Kalurahan Maguwoharjo telah dipilih sebagai lokasi kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat. Ia berharap dengan kedatangan GKR Hemas ini dapat memotivasi Pemerintah Kabupaten Sleman serta masyarakat untuk lebih optimal lagi dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Sleman, khususnya di sendang Sombomerti tersebut. (Ron)