EVOLUTION FIGHT SERIES 2022: Kembalinya Daud Yordan ke Kancah Tinju Dunia Global

FAZ • Sunday, 20 Feb 2022 - 21:44 WIB

Jakarta - Hwang-Kil Kim, calon lawan Daud Yordan yang akan mencoba merebut sabuk juara WBC Asian Boxing Council divisi Silver Super Lightweight, telah mengalami cidera serius dalam salah satu sesi sparring latihan persiapan. Karena itu, dengan pertimbangan medis demi keselamatan, Hwang-Kil Kim telah resmi dibatalkan dari pertandingan dalam gelaran MPRO Evolution Fight Series 2022 tanggal 4 Maret mendatang.

Calon lawan baru bagi Daud Yordan adalah Pungluang Sor Singyu (alias Panya Uthok), petinju senior asal Thailand dengan catatan karir dan pengalaman yang gemilang. Panya Uthok adalah mantan juara dunia WBO yang membukukan 54 kali kemenangan, 10 kali kalah, dan tidak ada laga draw. Ia pun pernah menyandang sabuk juara internacional WBO, WBO Aspac, dan juara WBO Asia yang pernah menghadapi 3 juara tinju kaliber dunia seperti Mark Magsayo (Filiina), Tomoki Kameda (Jepang), dan Amnat Ruenrong (Thailand). Kehadiran Panya Uthok sebagai calon lawan Daud Yordan di partai puncak MPRO Evolution FIght Series 2022 semakin menambah adrenalin pada gelaran tinju profesional berkelas internasional ini.

Daud Yordan (mantan Juara Dunia di tiga divisi) akan mempertahankan sabuk gelar juara WBC Asian Boxing Council Silver Super divisi Lightweight dan kembali mengibarkan Sang Merah Putih di Bangkok, Thailand, untuk Tidak hanya Daud, petinju muda Ongen Saknosiwi (mantan juara dunia IBA) pun akan turut berlaga dalam gelaran ini melawan Rattakorn Tasaworn (Thailand) untuk meraih sabuk gelar juara WBC Asian Boxing Council Continental divisi Featherweight. Daud dan Ongen akan menjadi dua juara dunia asal Indonesia yang pertama kali kembali ke kancah perebutan gelar juara
tinju dunia profesional melalui gelaran MPRO Evolution Fight Series.

MPRO Evolution Fight Series adalah gelaran yang digagas oleh Co-Founder Alexander Shah, dan Presiden direktur MPRO International, Gustiantira Alandy. Ajang ini memberikan kesempatan pada para petinju profesional di Asia untuk berkompetisi di tingkat internasional secara lebih intens. MPRO Evolution Fight Series berangkat dari seri gelaran milik Evolution sebagai promotor utama bersama QQ288 Today Integrated Sport Portal sebagai official international sponsor dari Evolution Fight Series. Kehadiran MPRO International adalah sebagai co-promotor yang mengusung Daud Yordan dan Ongen Saknosiwi di perhelatan tanggal 4 Maret 2022.

Setelah berhasil mendobrak pada tahun lalu dengan menggelar pertandingan di Siam World Stadium tahun lalu, MPRO Evolution Fight Series semakin yakin akan tetap bertumbuh menjadi ajang atau jembatan para petinju terbaik Asia menuju pertandingan - pertandingan kelas dunia; dengan penerapan protokol kesehatan sebagai antisipasi pandemi global. Semangat ini dikobarkan oleh Alexander Shah dan Gustiantira Alandy yang memutuskan berkerjasama dengan latar pengalaman masing-masing.

Alexander Shah adalah boxing promotor asal Singapura, pemenang WBC ASIA Promoter of The Year tahun 2016 dan 2017. Gustiantira Alandy adalah presiden direktur MPRO International yang berlokasi di Jakarta dan merupakan perusahaan Boxing Promotor terbesar di Asia Tenggara; selain juga sosok yang cukup aktif di dunia boxing skala nasional dan internasional.

“Setelah membuktikan kesuskesan gelaran tahun lalu dengan memenuhi semua syarat protokol kesehatan, maka kelanjutan fight series ini di tahun 2022 akan terus menjadi kobaran harapan dan semangat para petinju bagi kembalinya ajang kompetisi reguler. Diharapkan, semakin banyak sponsor dan pihak terkait lebih tertarik untuk mendukung gelaran seperti ini demi terus mengembangkan elemen keberlanjutannya. Salah satunya adalah melalui kerjasama dengan para sponsor dan media,” ujar Gustiantira.

QQ288 Today Integrated Sport Portal, sebagai portal berita olahraga dengan sajian informasi terkini, prediksi pertandingan dan hadiah langsung setiap hari, juga bangga menjadi Sponsor dari pertandingan ini. Menurut QQ288 Today Integrated Sport Portal, olahraga tinju bisa membangun kebangkitan event olahraga setelah pandemi. Minat fans tinju di Indonesia, Bagus Wijanarko, Pemimpin Redaksi QQ288 Today menyatakan antusiasmenya mendukung kemajuan para juara dunia asal Indonesia
dalam ajang tahun ini.

“Kami terinspirasi dengan perjuangan dan prestasi yang telah dicapai oleh Daud dan Ongen selama ini, sehingga kami pun semakin semangat untuk mendukung capaian kemajuan melalui perhelatan MPRO Evolution Fight Series 2022.”