Ini Deretan Komik dan Film yang Pengaruhi Sutradara The Batman Matt Reeves

MUS • Friday, 18 Feb 2022 - 15:43 WIB

The Batman akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada 2 Maret 2022. Sebelum menikmatinya, yuk kita simak berbagai komik dan film yang turut mempengaruhi sutradara Matt Reeves. 

Dalam The Batman Global Press Conference, yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (18/2/2022), Matt mengaku konsep idelah yang membentuk visualisasi "The Batman". Sineas yang pernah menyutradarai "Dawn of the Planet of the Apes" ini menyatakan pentingnya banyak sekali komik dalam proses menghasilkan karya terbarunya.

Selain itu sejumlah film Amerika tahun 70-an juga sangat berdampak pada elemen cinematic yang dihasilkan Matt.

1. Komik Batman: Year One (1987)

Karya Frank Miller ini menceritakan tahun pertama Batman sebagai penumpas kejahatan.

2. Komik Batman: Ego karya Darwyn Cooke

"Komik ini sangat penting bagi psikologi Batman," kata Matt.

3. Komik edisi Batman The Beast Within

Karya ini menunjukkan semacam pergulatan internal yang sangat menawan dan informatif bagi Matt.

4. Komik Batman: The Long Halloween karya Jeph Loeb dan Tim Sale 

"Cerita ini yang memberi ide pembunuh berantai dan rangkaian kriminal, sehingga membawa Batman pada dunia detektif hebat. Jadi ya komik sangatlah penting," ungkap Matt.

Sementara dari karya layar lebar, ternyata bukanlah superhero yang turut mempengaruhi Matt dalam "The Batman", melainkan genre kejahatan dan thriller yang justru mendominasinya.

1. All The President's Men

Drama thriller yang mengangkat kisah nyata kerjasama jurnalis Bob Woodward dan Carl Bernstein, dalam menginvestigasi kasus Watergate. "Kerjasama mereka seperti relasi Batman dan polisi Gotham City Jim Gordon. Mereka mengungkap tindak pidana korupsi dan seberapa tinggi dampaknya," kata Matt.

2. The French Connection tahun 1971 tentang detektif NYPD. 

3. Taxi Driver tahun 1976 kisah drama kriminal karya Martin Scorsese.

4. Klute (1971)

Matt juga dipengaruhi sutradara Alan Pakula yang menghasilkan karya neo-noir Klute. "Neo Noir yang mempengaruhi penggambaran relasi Batman dan Catwoman jadi banyak film tahun 70-an yang sangat menginspirasinya pada awal saya membuat fillm," tutupnya.  (MAR)