Relaksasi PPKM, KSP Minta Perhatikan Kelompok Rentan

MUS • Wednesday, 16 Feb 2022 - 11:35 WIB

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) dr. Brian Sri Prahastuti mengingatkan vaksin terbukti ampuh dalam  mencegah dampak buruk virus Covid-19 terutama varian Omicron.

“Orang yang sudah mendapatkan vaksin lengkap apalagi jika sudah ditambah dengan booster, risiko individu jika terpapar menjadi gejala berat dan risiko kematian menurun,” ucap dr. Brian kepada Radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic Pagi, Rabu (16/02/2022).

Menjawab mengenai PPKM level 3 yang memberikan kelonggaran untuk dapat tetap beraktivitas, dr. Brian menerangkan bahwa pandemi belum usai, varian Omicron bisa berbahaya bagi masyarakat dalam kondisi apapun baik sehat atau sakit.

“Akan lebih berbahaya kepada mereka yang memiliki resiko yang tinggi karena kondisi individu dengan risiko tinggi ada komorbid dan usia lansia, walaupun sudah di vaksin risiko mengalami perburukan tetap tinggi,” tambahnya. 

Untuk menurunkan risiko penyebaran varian Omicron kepada kelompok rentan, dr. Brian memberikan beberapa solusi. Seperti, jika masih bisa dilakukan di rumah tanpa menurunkan produktivitas maka lanjutkan.

Individu yang sehat dan risiko rendah harus memberikan perlindungan yang lebih besar kepada anggota keluarga yang risiko lebih tinggi yang memiliki komorbid, lansia, ibu hamil, anak-anak terutama balita lindungi mereka karena mereka kelompok yang rentan. Lalu, individu yang risiko rendah harus lebih bugar dengan menerapkan hidup sehat. (Lif)