Film Spesial Tjoet Nja’ Dhien Akan Kembali Tayang di TV

ANP • Saturday, 12 Feb 2022 - 08:26 WIB

Jakarta - Film Spesial tvOne akan kembali tayang hari Minggu ini tanggal 13 Februari 2022 pukul 20.00 WIB. Film yang akan tayang nanti adalah Film Tjoet Nja' Dhien yang mengangkat perjalanan seorang pahlawan nasional perempuan asal Aceh.

Film Tjoet Nja’ Dhien merupakan film biografi yang disutradarai oleh Eros Djarot dan diproduksi pada tahun 1988. Film Tjoet Nja’ Dhien merupakan salah satu film terbaik tahun 1988, berhasil memenangkan Piala Citra sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1988. Film ini juga merupakan film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes tahun 1989.

Film Tjoet Nja’ Dhien menceritakan tentang perjuangan tokoh wanita asal Aceh bernama sama seperti judul filmnya yaitu Tjoet Nja' Dhien yang diperankan oleh Christine Hakim. Ia dan teman-teman seperjuangannya bertempur melawan tentara Belanda yang menduduki Aceh.

Dalam perang tersebut, Tjoet Nja' Dhien juga ikut membantu upaya suaminya, Teuku Umar yang diperankan oleh aktor Slamet Rahardjo yang menjadi panglima perang antara rakyat Aceh. Perjuangan mereka semakin berat setelah Teuku Umar ditangkap oleh Belanda karena pengkhianatan orang terdekatnya.

Hal itu membuat Tjoet Nja' Dhien mau tak mau harus turun tangan menghadapi tentara Belanda bersama para pejuang lainnya. Ia bahkan terus ikut ke medan perang dalam kondisi yang sudah tidak lagi prima. Bagaimana kisah perjuangan Tjoet Nja’ Dhien? Saksikan selengkapnya hanya di tvOne. (ANP)