HPN 2022, Hary Tanoesoedibjo: Pers Berperan Penting dalam Memajukan Bangsa

FAZ • Thursday, 10 Feb 2022 - 15:25 WIB

Jakarta - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menilai media memegang peranan penting dalam memajukan bangsa.

Hal itu dinyatakan Hary dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022. 

"Media memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam pembangunan daerah, memajukan UMKM, pariwisata, ekonomi digital, potensi investasi, termasuk mengawal kebijakan daerah agar on the track," katanya, Rabu (9/2/2022).

Hary yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) itu mengungkapkan Indonesia akan maju bila daerah-daerah maju. "Kunci keberhasilan membangun Indonesia, tidak ada cara lain, kecuali membangun daerah, memajukan masyarakatnya," tuturnya.

Peranan media, lanjut Hary, bisa mempromosikan potensi andalan daerah. Di era digital saat ini, jangkauan media lebih luas. Tak hanya mencakup nasional, tetapi bisa menjangkau pasar global.

Di sisi lain, kata Hary, perlu ada kebijakan atau regulasi daerah yang memberikan kesempatan masyarakat di daerah untuk maju.

Sebagai contoh, kebijakan untuk UMKM. Menurutnya, dukungan bisa diberikan berupa akses terhadap pendanaan dengan bunga ringan, pelatihan, pendampingan dan proteksi.

Secara gabungan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia.

Kebijakan yang dibutuhkan berbeda-beda di setiap daerah, disesuaikan dengan potensi daerah. Dia menilai peran pers dibutuhkan untuk mengawal hal itu.

"Selamat Hari Pers Nasional 2022. Maju terus insan pers Indonesia," pungkasnya.