Sahabat Ganjar Berharap UMKM Lokal Belitung Mampu Bersaing di Level Internasional

ANP • Sunday, 6 Feb 2022 - 18:56 WIB

BANGKA BELITUNG - Melanjutkan kegiatan di "Tanah Laskar Pelangi" Provinsi Bangka Belitung, kali ini Sahabat Ganjar mengunjungi Kecamatan Tanjung Pandan yang berada di Kabupaten Belitung. Terdapat serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di beberapa titik Kecamatan Tanjung Pandan pada hari Minggu (6/2).

Setelah pada hari pertama kemarin sudah melakukan beberapa kegiatan seperti mengunjungi Pondok Pesantren, sampai membantu untuk merenovasi 3 tempat ibadah yang berada di Kabupaten Belitung.

Kegiatan perdana pada hari kedua Sahabat Ganjar di Belitung, Sahabat Ganjar membagikan bantuan laptop kepada 2 siswi. Pertama laptop diberikan kepada Via Tiara Ningrum, siswi kelas 11 SMA Muhamaddiyah Tanjung Pandan dan Dora Donesia, siswi kelas 11 SMAN 2 Tanjung Pandan. Kegiatan bagi laptop ini dilaksanakan di Air Merbau, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Humas DPP Sahabat Ganjar Indah C.H menyampaikan, pembagian laptop kepada Via dan Dora ini untuk memfasilitasi pendidikan saat ini. Laptop ini bisa digunakan untuk sarana belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah.

"Laptop ini salah satu kebutuhan para pelajar. Jadi, kami selalu memberikan apa yang menjadi kebutuhan. Laptop ini salah satunya,” ucap Indah C.H.

Setelah membagikan laptop, Sahabat Ganjar yang selalu berinovasi untuk membantu sesama melakukan kegiatannya dengan aksi larisin kepada pedagang UMKM di Jalan Melati, Kecamatan Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.
 
Sahabat Ganjar membantu para pedagang UMKM, hal tersebut disampaikan Ketua DPW Sahabat Ganjar Bangka Belitung Mochammad Yusuf. Sahabat Ganjar membeli dagangan para pelaku UMKM yang berada di sekitaran Jalan Melati ini.

"Para pelaku UMKM ini harus kita support, salah satu bentuk supportnya adalah membeli dan melariskan dagangan yang sudah tersedia. Semoga para pelaku UMKM di Kabupaten Belitung ini semakin maju dan bisa bersaing sampai tahap internasional," ucap Yusuf.

Setelah membeli dagangan para pelaku UMKM di Jalan Melati Panti, di waktu yang bersamaan Sahabat Ganjar juga memberikan modal kepada para pelaku UMKM.

Ketua DPC Sahabat Ganjar Kabupaten Belitung Sugianto mengatakan, permodalan ini diharapkan mampu untuk mengembangkan usaha para pedagang UMKM di Jalan Melati Pantai.
 
"Sama seperti yang diucapkan Pak Yusuf tadi, harapannya adalah dengan dibekali permodalan oleh Sahabat Ganjar, para pelaku UMKM di Kabupaten Belitung ini mampu berkembang dan bersaing. Bahkan, bisa menjajakan produk lokal Belitung sampai ke taraf Internasional," ucap Sugianto.

Kegiatan Sahabat Ganjar di Tanjung Pandan, Belitung ini ditutup dengan membagikan 50 paket sembako kepada masyarakat. Kegiatan membagi sembako ini dilaksanakan di Jalan Akil Ali, Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Humas DPP Sahabat Ganjar Indah C.H mengatakan, sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat, sebisa mungkin Sahabat Ganjar akan memenuhi kebutuhan primer masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat yang ada di Kabupaten Belitung ini.

"Sembako merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, jadi kami dari Sahabat Ganjar terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tutup Indah. (ANP)